Senin 17 Oct 2022 05:50 WIB

IPB Ambil Dua Langkah Pengamanan Pembelajaran Selama Cuaca Ekstrem

IPB mengamankan proses pembelajaran di kampusnya menyesuaikan prakiraan BMKG

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
IPB mengamankan proses pembelajaran di kampusnya menyesuaikan prakiraan BMKG.
Foto: Dok IPB
IPB mengamankan proses pembelajaran di kampusnya menyesuaikan prakiraan BMKG.

REPUBLIKA.CO.ID BOGOR - Institut Pertanian Bogor (IPB) mengambil dua langkah cepat untuk mengamankan proses pembelajaran di kampusnya dengan menyesuaikan prakiraan BMKG dan penerapan pemeriksaan pohon-pohon di lingkungan kampus dengan teknik Arborikultur.

Kebijakan ini menyusul setelah peristiwa salah satu mahasiswinya Adzra Nabila (20) terbawa hanyut dari drainase Jalan Dadali Kota Bogor pada Rabu (12/10/2022) sore saat hujan deras. Jenazah Adzra terbawa hanyut hingga 80 kilometer di Sungai Ciliwung wilayah Jakarta Barat dan baru ditemukan setelah lima hari menghilang pada Ahad (16/10/2022) pagi.

Baca Juga

"Rencana kebijakan yang akan diambil antara lain, pertama penyesuaian metode pembelajaran di saat cuaca yg tidak kondusif. IPB akan terus memantau perkiraan cuaca dari BMKG untuk menentukan metode pembelajaran. Jadi metode pembelajaran akan lebih fleksibel. Bagi kami keselamatan nomor satu," ungkap Rektor IPB Arif Satria kepada Antara saat dikonfirmasi dari Kota Bogor, Ahad.

Selanjutnya yang kedua, kata Arif, IPB akan melakukan Arborikultur untuk pemeriksaan kesehatan pohon-pohon di lingkungan kampus. Dia menjelaskan Arborikultur merupakan teknik untuk mendiagnosis pohon-pohon yang berpotensi tumbang.

Peranan arboris atau dokter pohon melalui aplikasi teknik arborikultur dalam pemeriksaan kesehatan dan perawatan individu pohon harus terus ditingkatkan dan dijadikan profesi. Dengan begitu, menurutnya, akan mendukung pengelolaan ruang terbuka hijau yang memang membutuhkan pengetahuan dan teknik mutakhir sebagai alat bantu diagnosis.

Misalnya teknologi sonic tomography, drilling resistance, dan lain sebagainya agar pohon atau pepohonan yang dikelola tetap sehat dan tidak mudah tumbang. Arif mengemukakan, ketersediaan tenaga arboris atau dokter pohon profesional masih sangat kurang.

Oleh karena itu Klaster Riset Arborikultur IPB bekerja sama dengan Balai Kejuruan Teknik Kehutanan - Persatuan Insinyur Indonesia (BKTHut-PII) dan didukung oleh MArI dan KLHK telah menyelenggarakan pelatihan teknik pemeriksaan pohon di lanskap Kota-kota yang juga dikaitkan dengan perolehan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi para insinyur professional BKTHUT.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia dan secara khusus terjadi di 24 provinsi dalam sepekan ke depan atau periode 15-21 Oktober 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual diikuti dari Jakarta, Jumat sore secara khusus menyoroti potensi cuaca ekstrem di wilayah 24 provinsi dalam periode tersebut, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung. Cuaca ekstrem juga diprakirakan terjadi di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement