Ahad 16 Oct 2022 23:39 WIB

Menang di El-Clasico, Real Madrid Naik ke Puncak Klasemen Sementara

Ini menjadi kekalahan perdana Barcelona di La Liga Spanyol musim ini.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Karim Benzema dari Real Madrid diberi ucapan selamat oleh rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan FC Barcelona di Madrid, Spanyol, Ahad, 16 Oktober 2022.
Foto: AP/Bernat Armangue
Karim Benzema dari Real Madrid diberi ucapan selamat oleh rekan setimnya setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan FC Barcelona di Madrid, Spanyol, Ahad, 16 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Real Madrid naik ke puncak klasemen sementara setelah mengamankan poin penuh melawan Barcelona pada pekan ke-9 La Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Ahad (16/10/2022) malam WIB. Madrid yang memimpin lebih dulu sejak babak pertama, berhasil menutup kemenangan dengan skor 3-1.

Barcelona memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Peluang pertama tercipta di menit kelima saat Frenkie De Jong melepaskan umpan ke Raphinha yang langsung melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak, tetapi mengarah tepat ke kiper Andiy Lunin dan berhasil diamankan.

Baca Juga

Dua menit berselang, Ousmane Dembele menusuk ke dalam dan berhasil lolos dari penjagaan Eder Militao. Ia langsung melakukan umpan kepada Robert Lewandowski. Ia melakukan percobaan pertama kali dari tepi kotak, tapi itu mengenai David Alaba dan memantul melebar.

Real Madrid berhasil memecah kebuntuan di menit ke-12. Berawal dari Toni Kroos yang melepaskan umpan kepada Vinicius di sisi kiri, ia merangsek ke kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan yang berhasil ditepis kiper Barca Ter Stegen. Selanjutnya bola rebound jatuh ke kaki Karim Benzema yang langsung melepaskan tembakan. Skor 1-0 untuk Madrid.

Sepuluh menit berselang, Barcelona semakin tertinggal saat Madrid menggandakan keunggulan. Ferland Mendy melanjutkan operan dari Vinicius kepada Federico Valverde yang langsung melepaskan tendangan rendah di luar jangkauan Ter Stegen dan masuk ke sudut bawah. Skor 2-0 untuk Madrid.

Babak kedua dimulai, Barcelona terus berupaya mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang tercipta dari tendangan bebas oleh De Jong dan Raphinha, tapi itu tidak berhasil mengurangi defisit gol mereka. Skor bertahan 2-0 bagi tuan rumah di paruh pertama.

Di babak kedua, Barcelona menekan lebih tinggi untuk mengejar ketertinggalan mereka. Tapi pertahanan Madrid masih cukup kuat untuk membendunh serangan Barcelona. Benzema bahkan berhasil mencetak gol di menit ke-52, tapi itu dianulir oleh wasit karena sudah berada dalam posisi offside.

Pelatih Barca Xavi Hernandez melakukan tiga pergantian pemain sekaligus di menit ke-60. Gavi masuk menggantikan Sergio Busquets, Ferran Torres menggantikan Raphinha, dan Jordi Alba masuk menggantikan Balde Martinez. Tenaga baru diharapkan bisa memecah kebuntuan Barcelona.

Real Madrid akan menduduki peringkat pertama klasemen sementara jika berhasil menjaga keunggulan hingga pertandingan berakhir. Dan ini sekaligus menjadi kekalahan perdana Barcelona di La Liga musim ini.

Madrid tercatat tidak pernah terkalahkan dalam 52 pertandingan La Liga Spanyol terakhir ketika sudah memimpin di babak pertama, dan telah memenangkan 48 dari pertandingan tersebut. Kekalahan terakhir terjadi pada 17 Februari 2019 melawan Girona.

Barcelona akhirnya memperkecil ketertinggalan di menit ke-83. Itu tercipta ketika Ansu Fati menusuk ke sisi kiri kotak penalti dan melepaskan umpan ke tengah, Lewandowski memberikan sedikit sentuhan sebelum Torres melapaskan tembakan keras dengan kaki kirinya. Skor berubah 1-2 untuk Barcelona.

Tak lama berselang, peluang kembali dimiliki Barcelona. Barca hampir menyamakan kedudukan saat Ansu Fati melepaskan tembakan akrobatik untuk menyambut bola liar di mulut gawang Madrid. Namun tembakannya meleset tipis di sisi kanan gawang Lunin.

Situasi semakin sulit bagi Barcelona, Madrid mendapat hadiah penalti. Ini setelah wasit mengecek VAR untuk pelanggaran yang dilakukan Garcia kepada Rodrygo di menit ke-90. Rodrygo mengeksekusi tendangan titik putih dan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-1.

Susunan pemain kedua tim:

Real Madrid (4-3-3)

Andriy Lunin; Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Ferland Mendy; Luka Modric, Aurelien Tchouameni, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Barcelona  (4-3-3)

Marc-Andre Ter Stegen; Sergi Roberto, Jules Kounde, Eric Garcia, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembele.

Pelatih: Xavi Hernandez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement