Ahad 16 Oct 2022 21:39 WIB

Jadi Fokus SOE International 2022, Pupuk Indonesia Dukung Kepemimpinan Perempuan di BUMN

Pupuk Indonesia menempatkan pegawai perempuan terbaik di berbagai posisi penting

Pupuk Indonesia menempatkan pegawai perempuan terbaik di berbagai posisi penting.
Foto: Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia menempatkan pegawai perempuan terbaik di berbagai posisi penting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Transformasi sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianggap penting. Apalagi saat ini Menteri BUMN Erick Thohir ingin kursi kepemimpinan di BUMN ditempati oleh para kaum perempuan.

Kepemimpinan perempuan di BUMN saat ini tercatat sebesar 15 persen. Erick menargetkan angka tersebut menjadi 25 persen pada tahun 2023.

Baca Juga

“Kami coba lakukan di BUMN. Mengangkat leadership muda. BUMN membuka diri, termasuk dengan kesetaraan gender. Sudah tercapai 15 persen, tahun 2023 target kita women leadership 25 persen,” demikian ungkap Erick dalam acara CNBC Indonesia Ekonomi Outlook 2022.

Target kepemimpinan perempuan yang sebesar 25 persen ini, dikatakan Erick, berlaku kepada seluruh BUMN. Menindaklanjuti hal tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung kaum pemimpin memiliki peran tinggi di perusahaan, salah satunya melalui program transformasi human capital atau SDM melalui tiga inisiatif strategis.

Pertama, memperkuat organisasi melalui strategi talenta yang lebih baik. Kedua, memperkuat talent sourcing, keberagaman, rasa keterikatan terhadap perusahaan, dan afiliasi pegawai. Ketiga, menciptakan budaya perusahaan yang kolaboratif dan berkinerja tinggi.

“Kami saat ini tengah mendorong pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan di Pupuk Indonesia Grup. Hal ini kami lakukan dengan menempatkan talent atau pegawai perempuan terbaik pada berbagai posisi penting di perusahaan,” ujar Direktur SDM, Tata Kelola, dan Manajemen Risiko, Tina T. Kemala Intan.

Tina mengungkapkan program Kementerian BUMN tentang women leadership ini merupakan kesempatan bagi kaum perempuan agar dapat membangun kemampuan personal dan profesionalnya. Meski perusahaan bergerak di bidang industri manufaktur yang mana didominasi oleh kaum pria, kaum perempuan di Pupuk Indonesia Grup juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan dan mempelajari hal-hal baru.

Hingga saat ini, Pupuk Indonesia memiliki total pegawai tetap sebanyak 7.608 orang, baik penempatan di holding maupun pada 10 anak perusahaan. Dari jumlah tersebut sebanyak 690 orang atau sembilan persen di antaranya adalah kaum perempuan. Adapun jumlah kepemimpinan perempuan saat ini total sebanyak 75 orang. Mereka menempati posisi setara atau sebagai Vice President (VP), Senior Vice President (SVP), hingga direksi.

Selain Tina, terdapat empat talenta perempuan yang menempati posisi strategis sebagai direksi. Di antaranya adalah Digna Jatiningsih sebagai Direktur Operasi & Produksi PT Petrokimia Gresik (PKG), Yuni Setyaningrum sebagai Direktur Keuangan & Umum PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), dan Triyani Utaminingsih sebagai Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind), dan Anis Ernani sebagai Direktur Operasi PT Pupuk Indonesia Utilitas (PIU).

Upaya mewujudkan target women leadership BUMN yang sebesar 25 persen, Pupuk Indonesia juga resmi membentuk Srikandi BUMN. Pembentukan ini merupakan bukti konkrit perusahaan mendukung pegawai dan membangun budaya perusahaan khususnya bagi para perempuan yang berada di lingkungan Pupuk indonesia Grup.

Srikandi Pupuk Indonesia Grup diluncurkan langsung oleh Direktur Utama Bakir Pasaman, yang sekaligus meluncurkan BUMN Muda. Bakir mengatakan peluncuran Srikandi dan BUMN Muda Pupuk Indonesia Grup merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam menyukseskan program Menteri BUMN Erick Thohir.

Setelah peluncurannya, Srikandi Pupuk Indonesia telah memiliki rencana dan berbagai program pada tiga bidang utama di sepanjang tahun 2022. Pertama adalah bidang kajian dan pendampingan perempuan, kesehatan, dan kesejahteraan. Kedua, bidang pendidikan dan pengembangan. Dan ketiga adalah bidang komunikasi, event dan kerja sama, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pupuk Indonesia berharap Srikandi dapat menjadi wadah bagi kaum perempuan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup agar dapat saling mendukung, membangun kapasitas, beradaptasi, hingga menjaga keseimbangan perannya. Srikandi Pupuk Indonesia Grup juga akan memperkaya tingkat keberagaman di level pimpinan. Di Pupuk Indonesia sendiri kesempatan para kaum perempuan yang mengemban jabatan strategis sudah mencapai 20 persen atau melampaui target.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement