Ahad 16 Oct 2022 07:13 WIB

Pakai Pelumas Mesin Mobil untuk Sepeda Motor Matik, Bolehkah?

Perlakuan demikian tidak disarankan lantaran berpotensi kerusakan pada motor matik

{enggunaan pelumas kendaraan roda empat pada kendaraan roda dua bertransmisi matik tidak disarankan karena dapat merusak komponen mesin sepeda motor
Foto: istimewa
{enggunaan pelumas kendaraan roda empat pada kendaraan roda dua bertransmisi matik tidak disarankan karena dapat merusak komponen mesin sepeda motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sejumlah konsumen sengaja menggunakan pelumas kendaraan roda empat yang digunakan untuk sepeda motor matik.  Hal itu terjadi karena pelumas kendaraan roda empat dianggap memiliki spesifikasi yang sama. Seperti pelumas dengan SAE 10W-30 atau 10W-40. Selain itu  secara konstruksi, komponen kampas kopling pada keduanya pun tidak terendam oli.

Hal itu membuat oli mesin mobil berpotensi untuk dapat digunakan pada sepeda motor matic. Terlebih lagi saat membandingkannya secara volume. Dengan membeli pelumas mobil satu kali (4 liter), pemilik motor matik dapat menggunakannya berulang kali tanpa harus repot bolak-balik ke bengkel untuk membeli pelumas kemasan 800 ml atau 1 liter. 

Baca Juga

Namun, perlakuan demikian tidak disarankan lantaran berpotensi menyebabkan kerusakan pada mesin motor matik. "Walau SAE-nya sama, sangat tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor. Dari kapasitasnya volume isi oli nya saja tidak sama, apalagi kandungan yang berbeda antar keduanya," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist dari PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Sebagai contoh kandungan zat aditif pada oli mesin mobil,  tentu lebih banyak ketimbang oli motor matic. Walau demikian, surplus tersebut tidak menjamin perfoma mesin motor matic menjadi lebih baik apabila menggunakan pelumas mobil ketimbang menggunakan oli khusus motor matik. "Baik kandungan Aditif maupun Base Oil pada oli mobil tentu berbeda dengan kandungan Base Oil & Aditif pada oli motor yang memiliki dimensi mesin lebih ringkas" sambung Brahma. 

Dengan kata lain, ada baiknya menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi dan peruntukkannya (baik mobil maupun motor). Kemudahan dalam memilih pelumas itu pun disediakan PTPL di mana terdapat line up produk yang dapat dipilih masyarakat. 

Bahkan PTPL membuatnya lebih mudah lagi dengan kehadiran Dr. LUBE. Melalui situs ini, pemilik sepeda motor dapat mengetahui pelumas yang tepat untuk kendaraan kesayangannya. Cukup dengan memilih merek, varian dan tipe kendaraan, Dr.LUBE akan langsung menampilkan oli mesin yang direkomendasikan. 

Tentu saja, pencarian terhadap pelumas PTPL ini dapat dilakukan para pemilik kendaraan lain seperti mobil, bus hingga truk. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan kunjungi situs drlube.pertaminalubricants.com."Kemudian konsumen bisa memilih jenis kendaraan (mobil, motor atau bus/truk). Selanjutnya, konsumen memilih merek kendaraan, pilih tipe dan varian spesifik kendaraan Anda, dan Dr Lube akan menampilkan referensi pelumas," katanya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement