Jumat 14 Oct 2022 13:59 WIB

Kalsel Expo MTQ Nasional Ke-29 2022, Baznas Edukasi Zakat Sejak Dini Lewat Zakuma

Baznas hadir memberikan edukasi zakat sejak dini melalui Board Game Zakuma.

Pada Kalsel Expo MTQ Nasional yang berlangsung selama 12-15 Oktober 2022, Baznas hadir memberikan edukasi zakat sejak dini melalui Board Game Zakuma (zakat untuk umat).
Foto: Baznas
Pada Kalsel Expo MTQ Nasional yang berlangsung selama 12-15 Oktober 2022, Baznas hadir memberikan edukasi zakat sejak dini melalui Board Game Zakuma (zakat untuk umat).

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI turut memeriahkan penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Selatan dengan mengikuti Kalsel Expo MTQ Nasional ke-29 tahun 2022. Pada Kalsel Expo MTQ Nasional yang berlangsung selama 12-15 Oktober 2022, Baznas hadir memberikan edukasi zakat sejak dini melalui Board Game Zakuma (zakat untuk umat).

Booth Baznas juga menyediakan layanan konsultasi zakat, informasi terkait program, serta produk pemberdayaan mustahik binaan Baznas Provinsi Kalimantan Selatan. Board game Zakuma ini menjelaskan tentang potensi zakat untuk kesejahteraan umat. Pemain didorong untuk bekerja sama dan saling membantu dalam mendistribusikan zakat yang terkumpul kepada mereka yang membutuhkan dan juga menjalankan program sosial seperti pendidikan dan kesehatan.

Baca Juga

Dalam permainan, pemain yang paling banyak membagikan zakat atau menjalankan lebih banyak program akan memenangkan permainan. "Board game Zakuma merupakan salah satu produk inovatif Baznas di bidang pendidikan dan dakwah. Hal ini tentu guna mendorong literasi zakat di tengah masyarakat yang dikemas lebih menarik dan dapat dimainkan oleh semua kalangan, terutama bagi pembelajaran zakat kepada anak usia dini," ujar Ketua Baznas Noor Achmad, Jumat (14/10/2022). 

Menurut Noor, board game Zakuma menjadi upaya sarana dakwah zakat kepada masyarakat, khususnya anak-anak usia dini pada perhelatan MTQ Nasional ini. "Jika pemahaman zakat sudah diterapkan sejak usia dini, maka ketika telah dewasa mereka akan memiliki pemahaman zakat yang baik dan menjadikan zakat sebagai gaya hidup," kata dia.

"Selain itu jika pemahaman zakat sudah melekat, maka aspek tauhid baik ukhrawi maupun sosial anak-anak generasi mendatang ini akan terus tumbuh sehinga kelak menjadi pribadi yang cinta zakat, peduli terhadap sesama dan lingkungannya," jelasnya. 

Noor juga berharap, board game Zakuma dapat menjadi sarana untuk menggelorakan semangat dalam menggencarkan Gerakan Cinta Zakat serta menggaungkan kebangkitan zakat di Indonesia. Selain itu, Noor juga menyampaikan kontribusi Baznas dalam kegiatan ini juga sebagai upaya memasarkan produk pemberdayaan mustahik binaan Baznas Provinsi Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini juga sebagai upaya Baznas dalam mendorong dan membangkitkan kembali kemajuan ekonomi setelah pandemi Covid-19, khususnya produk-produk hasil mustahik binaan Baznas di Kalsel," ujarnya.

Noor berharap hadirnya Baznas dalam acara ini dapat menumbuhkan kesadaran dan komitmen masyarakat dalam berzakat serta dapat membangkitkan ekonomi masyarakat sekitar khususnya di Kalimantan Selatan. Kalsel Expo MTQ Nasional ke-29 2022 diselenggarakan di Alun-alun Ratu Zalecha, Martapura menghadirkan 190 booth terdiri dari 122 indoor, 22 stand halal food dari pelaku UMKM serta 42 stand outdoor. Peserta terdiri dari jajaran UPD Kalsel, perwakilan berbagai Pemprov, jajaran Kementerian Agama, LPTQ, PKK, Dekranasda serta organisasi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement