Kamis 13 Oct 2022 22:43 WIB

Indonesia Ingin Tarik Investor dari Amerika Latin dan Karibia

Negara Amerika Latin yang diharapkan bisa berinvestasi yakni Brasil dan Argentina.

Ilustrasi Investasi
Foto: Mgrol101
Ilustrasi Investasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia berusaha menarik investor dari Amerika Latin dan Karibia melalui Forum Bisnis INA-LAC yang akan diselenggarakan di Serpong, Banten, pada 17-18 Oktober 2022. Menurut Direktur Amerika II Kementerian Luar Negeri RI Darianto Harsono, Forum Bisnis INA-LAC sebagai salah satu program unggulan Kemlu yang diharapkan dapat meningkatkan volume perdagangan Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia, juga untuk menarik investor dari kawasan tersebut, serta untuk mengatasi hambatan perdagangan yang ada selama ini.

"INA-LAC merupakan terobosan dari Kemlu untuk mendekatkan Indonesia dalam konteks ekonomi dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia. Meskipun secara geografis jauh dan Amerika Latin masih dalam kategori pasar non tradisional, tetapi paling tidak Kemlu sudah menginisiasi INA-LAC sejak 2019," kata Darianto dalam pengarahan pers di Jakarta pada Kamis (13/10/2022).

Baca Juga

Dia menyebut negara Amerika Latin yang diharapkan bisa berinvestasi di Indonesia antara lain Brasil dan Argentina. Sementara di bidang perdagangan, Indonesia mencoba mendorong produk yang mendukung gaya hidup sehat, kosmetik, serta industri strategis.

Melalui penyelenggaraan forum INA-LAC tahun ini, Indonesia mengharapkan nilai kesepakatan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yang berhasil mencatatkan kesepakatan bisnis sekitar 87 dolar AS (Rp1,2 triliun). "Paling tidak kita harapkan perolehan kesepakatan bisnis yang lebih tinggi dari tahun lalu, tetapi kita harus realistis juga mengingat situasi penyelenggaraan (tahun ini) yang tidak menentu," ujar Darianto.

Forum Bisnis INA-LAC 2022 akan diselenggarakan pada 17-18 Oktober di JHL Solitaire Gading Serpong, dengan mengusung tema Indonesia-Latin America and the Caribbean: Transforming into a New Era. Gelaran tersebut bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para pelaku bisnis dan pejabat negara tingkat tinggi serta pemangku kepentingan lainnya di sektor perdagangan dan investasi untuk saling berinteraksi dan menjajaki strategi menuju kerja sama ekonomi yang konkret.

Adapun INA-LAC 2022 akan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk sesi diskusi panel dan business matching, serta business pitching. Forum itu juga diharapkan dapat membangun semangat kolaborasi dan saling percaya yang lebih kuat antara para pelaku bisnis di kedua kawasan, melalui saling berbagi informasi, ide, dan pengalaman serta untuk membuka kesempatan kerja sama bisnis.

Forum INA-LAC akan diselenggarakan bersamaan dengan digelarnya Trade Expo Indonesiadi kawasan Gading Serpong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement