Kamis 13 Oct 2022 23:45 WIB

Klopp Sebut Kemenangan Telak Lawan Rangers Kembalikan Moral Pemain

Klopp mengakui kemenangan dari Rangers ini sangat aneh.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
 Manajer Liverpool Jurgen Klopp berjalan sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Liverpool di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB.
Foto: AP/Dave Thompson
Manajer Liverpool Jurgen Klopp berjalan sebelum dimulainya pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Liverpool di stadion Old Trafford, di Manchester, Inggris, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer Liverpool Jurgen Klopp meyakini suasana di kubu Anfield telah benar-benar berubah setelah kemenangan 7-1 mereka atas Rangers pada matchday keempat Grup A Liga Champions di Stadion Ibrox, Kamis (13/10/2022) dini hari WIB.

Menurut Klopp kemenangan itu mengembalikan moralitas Liverpool. Raksasa Merseyside itu bertujuan untuk bangkit kembali dari kekalahan 2-3 dari Arsenal dan memulai dengan awal yang buruk ketika Scott Arfield membuka skor ke gawang Liverpool di menit ke-17.

Tapi Roberto Firmino mencetak gol penyeimbang sebelum turun minum, dan keran terbuka di paruh kedua, ketika The Reds dengan kejam mencetak enam gol untuk memberikan kekalahan memalukan pada pasukan Giovanni van Bronckhorst.

Hat-trick cepat Mohamed Salah, di samping upaya dari Firmino, Harvey Elliott dan Darwin Nunez, menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang tegas untuk Liverpool, yang sekarang duduk di urutan kedua Grup A dengan sembilan poin.

Dengan Manchester City bersiap untuk mengunjungi Anfield untuk pertandingan Liga Premier, Klopp percaya bahwa moral dalam skuadnya telah meningkat sepuluh kali lipat dengan dominasi seperti itu.

"Itu mengubah suasana hati, tentu saja. Ini benar-benar berbeda. Kami biasanya minum bir setelah pertandingan tandang, tetapi sudah lama sekali saya tidak minum bir dan saya mungkin akan mabuk setelahnya," kata Klopp dikutip dari Sportsmole, Kamis (13/10/2022).

"Ya, itu mengubah suasana hati sepenuhnya dan itu bagus, tapi kami semua tahu siapa yang kami sambut (ke Anfield) pada hari Minggu dan ini akan menjadi pertandingan yang berbeda, kami tahu itu. Lebih baik masuk ke pertandingan dengan perasaan yang kami punya malam ini," tambahnya.

Klopp mengakui kemenangan ini sangat aneh. Menurutnya semua tahu bahwa hasil itu lebih dari apa yang mereka inginkan. Tetapi jelas itu adalah yang terbaik yang bisa mereka dapatkan dan sebab itulah ia merasa cukup senang.

"Kami memilikinya sebelum bertahun-tahun yang lalu, saya tidak yakin di mana tetapi kami menang dengan hasil besar di Liga Champions dan sekarang kami harus pulih, itu sangat penting," katanya.

Salah dimasukkan dari bangku cadangan untuk pertandingan Eropa di tengah awal yang sulit musim ini, tetapi pemain berusia 30 tahun itu mengakhiri malam dengan tempat di buku sejarah setelah mencetak hat-trick tercepat dalam sejarah Liga Champions.

Salah menyarangkan bola ke gawang tiga kali dalam enam menit dan 12 detik. Klopp menyebut itu sebagai kontribusi bersejarah sang penyerang di Ibrox.

"(Itu) spesial. Khas Mo," tambah Klopp. "Ya, tentu saja kita semua tahu ketika Mo, ketika itu berjalan untuknya, dia luar biasa, benar-benar luar biasa. Jelas posisi yang berbeda malam ini datang, itu bagus."

"Tentu saja, saya berharap untuknya bahwa semuanya bekerja dengan baik dari sekarang, seperti yang saya harapkan untuk kita," kata Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement