Rabu 12 Oct 2022 05:43 WIB

Segmen SUV Masih Diminati Tapi..

SUV cenderung akan menghadapi tantangan sulit.

Mobil sport utility vehicle (SUV) adalah mobil yang sangat diminati  berbagai kalangan termasuk kaum berduit. Oleh karena itu, Land Rover Indonesia mengakomodasi para pecinta SUV mewah dengan meluncurkan The New Range Rover L460.
Foto: istimewa
Mobil sport utility vehicle (SUV) adalah mobil yang sangat diminati berbagai kalangan termasuk kaum berduit. Oleh karena itu, Land Rover Indonesia mengakomodasi para pecinta SUV mewah dengan meluncurkan The New Range Rover L460.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Pasaribu menilai pasar kendaraan segmen sport utility vehicle (SUV) di Indonesia masih kuat, tetapi ke depan cenderung akan menghadapi tantangan sulit di tengah situasi saat ini, termasuk kenaikan harga BBM.

Yannes mengatakan sebagian besar segmentasi pasar di kelompok milenial lebih tertarik pada mobil SUV dan crossover yang berpenampilan lebih kokoh dan tangguh.

Baca Juga

Namun, kenaikan harga BBM berpotensi membuat kelompok tersebut bergeser ke segmentasi mobil yang lebih irit bahan bakar seperti city car.

"Segmen city car yang lebih efisien BBM dan lebih murah dibandingkan dengan model SUV akan menjadi keunggulan kompetitifnya," ucap Yannes.

Menurut dia, pada segmen SUV dan crossover, konsumen umumnya sudah tidak lagi melihat kekuatan merek, melainkan kualitas desain produk, banyaknya fitur berteknologi digital, jaminan penjualan, perawatan, dan suku cadang, hingga jaminan harga purna jual.

"Kemudahan kepemilikan melalui sistem penjualan yang inovatif dan jaminan harga purna jual menjadi kunci utamanya," kata dia.

Disinggung mengenai pasar kendaraan city car, Yannes mengatakan segmen tersebut memiliki banyak keunggulan yang bisa menarik konsumen, mulai dari irit BBM, dimensi yang compact, hingga utilitasnya sebagai kendaraan perkotaan.

Selain itu, pabrikan otomotif juga sudah mulai menggarap kendaraan listrik untuk segmen city car yang cukup digemari masyarakat lantaran harganya yang relatif bersaing di banding kendaraan listrik lain.

"Mobil listrik segmentasi ini akan semakin dilirik oleh kaum millenial, karena mereka semakin tinggi tingkat kesadarannya terhadap lingkungan hidup yang lebih bersih dan memiliki kelompok harga Rp 300 jutaan ke bawah, jumlah angka yang merupakan segmentasi pasar terbesar di Indonesia," kata Yannes.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement