Selasa 11 Oct 2022 12:02 WIB

Muslim Newport Gelar Prosesi Perdamaian dalam Rangka Rayakan Maulid Nabi Muhammad

Maulid Nabi Muhammad dirayakan Muslim Newport.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Muslim Newport Gelar Prosesi Perdamaian dalam Rangka Rayakan Maulid Nabi Muhammad. Foto:  Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi
Foto: Tahta/Republika
Muslim Newport Gelar Prosesi Perdamaian dalam Rangka Rayakan Maulid Nabi Muhammad. Foto: Peringatan Maulid Nabi SAW, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,NEWPORT -- Setiap Muslim di dunia memiliki caranya sendiri dalam merayakan Maulid Nabi. Di Newport, Wales, komunitas Muslim menggelar Prosesi perdamaian tahunan kesembilan, yang dilaksanakan Ahad (9/10/2022) lalu.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Masjid Jamia dan Masjid Al-Noor, untuk menghormati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Arak-arakan atau pawai ini disampaikan telah diadakan setiap tahun sejak 2012, kecuali pada 2020, karena pandemi Covid-19.

Baca Juga

Dilansir di South Wales Argus, Selasa (11/10/2022), untuk kegiatan tahun ini diikuti lebih dari 100 orang. Mereka mengambil bagian dalam prosesi dari Masjid Al-Noor di Jalan Harrow ke Masjid Jamia di Jalan Komersial.

Setelah arak-arakan selesai, rombongan Muslim ini memasuki Masjid Jamia untuk melaksanakan doa dan shalat, ceramah dan agenda perayaan lainnya.

 

Salah satu penyelenggara, Javed Mujahid, mengatakan kegiatan tahun ini berjalan dengan sangat baik dan sangat bagus. Seolah mendukung acara, cuaca di kota itu pun bagus, tidak turun hujan.

"Anak-anak lebih tertarik untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mereka bahkan memakai pakaian terbaik untuk acara ini," ujar dia.

Setelah melaksanakan arak-arakan di sepanjang jalan, dilaksanakan ceramah atau kajian di dalam masjid. Terakhir, komunitas Muslim ini bersama-sama menyantap makanan yang telah disediakan oleh penyelenggara.

Ia pun menyebut ada sekitar 400 orang yang merayakan Maulid Nabi di Masjid Jamia setelah pawai.

Anak-anak pada acara tersebut menampilkan nasyid, sejenis musik vokal atau lantunan yang mirip dengan himne. Setelah penampilan mereka, ada pembacaan Alquran sebelum para ulama yang diundang memberikan ceramah.   Zahrotul Oktaviani

Sumber:

https://www.southwalesargus.co.uk/news/23036681.newport-peace-procession-celebrate-mohammed/

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement