Senin 10 Oct 2022 22:20 WIB

DPRD Cilacap Studi Banding ke Diskominfo Garut Terkait TIK

Layanan CCTV masyarakat sudah bisa melihat dengan menggunakan smartphone.

DPRD Cilacap Studi Banding ke Diskominfo Garut Terkait TIK (ilustrasi).
Foto: istimewa
DPRD Cilacap Studi Banding ke Diskominfo Garut Terkait TIK (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GARUT -- Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah melakukan kunjungan untuk studi banding ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Jawa Barat terkait keberhasilan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang nantinya diimplementasikan di daerah tersebut.

"Kenapa kami berkunjung ke Diskominfo Kabupaten Garut, tentu karena Diskominfo ini sudah standardisasi tipenya itu Tipe A, karena ini suatu apresiasi dan kami harus banyak belajar juga tentunya, karena Cilacap saat ini masih Tipe C," kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap, Mitra Patriasmoro saat melakukan kunjungan ke Kantor Diskominfo Garut, Senin (10/10/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan kunjungan tersebut membahas beberapa topik, di antaranya tentang TIK, kemudian pelayanan internet dan pendirian menara telekomunikasi di Kabupaten Garut.

Diskominfo Kabupaten Garut, kata dia, akan menjadi contoh di Cilacap yang saat ini sedang melakukan upaya agar standardisasi Dinas Komunikasi di Kabupaten Cilacap bisa naik menjadi Tipe B.

Menurut dia Diskominfo Garut sudah luar biasa dengan adanya beberapa fasilitas, salah satunya layanan CCTV publik yang bisa dilihat melalui telepon pintar, kemudian sudah memiliki Command Center sebagai pusat layanan komunikasi dan informasi terintegrasi.

"Sekarang di Kabupaten Garut ini layanan CCTV masyarakat sudah bisa melihat dengan menggunakan smartphone, itu kan bisa memantau daerah-daerah ataupun lokasi-lokasi yang mungkin rawan atau yang lain sebagainya," katanya.

Ia berharap beberapa hal yang telah didiskusikan dalam kunjungan tersebut bisa menjadi masukan, khususnya untuk Diskominfo Kabupaten Cilacap agar dapat lebih baik lagi.

"Masukan-masukan dari teman-teman Diskominfo ini kami pasti akan sampaikan ke teman-teman Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap, mudah-mudahan sinergitas dan hubungan silaturahmi baik ini akan selalu terjaga dengan baik antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Cilacap," kata Mitra.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Statistik Sektoral Diskominfo Garut Egga Mahesa Suardi yang menerima kunjungan DPRD Cilacap mengatakan salah satu tujuan kunjungan tersebut yakni proses perizinan menara telekomunikasi dalam menunjang TIK.

Ia menyampaikan Diskominfo Garut saat ini sedang berupaya agar semua masyarakat Garut dapat menikmati serta memiliki fasilitas layanan yang baik terkait dengan jaringan telekomunikasi.

"Di Kabupaten Garut ini ke depannya tidak ada lagi daerah-daerah 'blank spot', karena regulasi terkait dengan pendirian menara telekomunikasi yang diselenggarakan oleh provider, mudah-mudahan bisa lebih mencakup seluruh wilayah Kabupaten Garut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement