Senin 10 Oct 2022 15:54 WIB

Ini Masalah Rambut yang Kerap Dialami Muslimah Berhijab

Iklim tropis membuat masalah rambut kerap dialami muslimah berhijab di Indonesia.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Iklim tropis membuat masalah rambut kerap dialami muslimah berhijab di Indonesia.
Foto: Foto : MgRol100
Iklim tropis membuat masalah rambut kerap dialami muslimah berhijab di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendati tertutup hijab, setiap muslimah tentu berharap memiliki rambut yang sehat dan terawat. Kesehatan rambut juga dapat menambah percaya diri dari dalam dan luar. 

Kenyamanan merupakan menjadi hal yang paling penting. Sayangnya di tengah iklim tropis, wanita berhijab di Indonesia biasanya memiliki setidaknya tiga masalah rambut yaitu mudah lepek, berminyak hingga berketombe.

Baca Juga

Menurut dr Danar Wicaksono MSc SpDV selaku Dermatologist, saat mengenakan hijab, kulit kepala akan mudah lembap. Jika bagi yang tidak berhijab, tantangannya mungkin seputar polusi, sinar matahari.

Sementara bagi yang berhijab, masalahnya bisa dari dalam area yang tertutup itu sendiri. Terdapat dua kelenjar yakni keringat dan minyak yang berkaitan dengan rambut.

Kelenjar minyak sudah pasti satu paket alias terdapat pada setiap helai rambut. Kedua kelenjar menghasilkan hal-hal dan produk yang berbeda. 

“Kelenjar minyak (sebum) ternyata menghasilkan banyak hal termasuk asam lemak, jadi yang berhijab ada pada sirkulasi kurang baik,” kata dr Danar dalam peluncuran Serasoft Serum Shampoo Hijab 3in1 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Pada rambut yang tertutup kain seharian, terjadi penumpukan minyak dan keringat pada kulit kepala. Ketika banyak menumpuk di kulit rambut, maka jadi lebih gampang tumbuh jamur sehingga menyebabkan ketombe. Itulah yang umumnya menyebabkan kondisi menantang bagi yang berhijab

“Ketika jamur berpesta pora jadilah rambut lepek dan berketombe,” lanjut dr Danar.

Selain itu, bakteri mengubah keringat dan minyak jadi sesuatu yang berbau. Dokter Danar menyarankan agar memilih kain hijab dengan sirkulasi baik dan menyerap keringat.

Setiap memakai hijab, cobalah arahkan kipas angin dari belakang. Apabila anginnya dapat menembus dan terasa oleh rambut, artinya sirkulasi cukup baik.

Permasalahan rambut lepek, berminyak dan berketombe memang menjadi musuh terbesar wanita berhijab sejak tren menggunakan hijab terus berkembang dari tahun ketahun. Kondisi rambut yang tertutup dan salah dalam memilih kain, sering sekali mengakibatkan rasa tidak nyaman pada kulit kepala sehingga menimbulkan lepek.

Hindari memakai bahan hijab yang tidak menyerap keringat. Selain itu, tentunya pilihlah haircare sesuai kebutuhan dan yang memiliki kandungan bermanfaat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement