Senin 10 Oct 2022 09:39 WIB

Manfaat Public Speaking bagi Aspek Kehidupan

Manfaat lain mempelajari public speaking adalah meningkatkan kepercayaan diri

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif memberikan pelatihan kepada Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, Serpong, Tangerang Selatan, pada Sabtu (24/9/2022) silam.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif memberikan pelatihan kepada Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, Serpong, Tangerang Selatan, pada Sabtu (24/9/2022) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Public speaking terdiri dari dua kata yaitu public yang berarti umum sedangkan speaking yang artinya berbicara, sehingga public speaking jika diartikan menjadi berbicara di depan umum.

Mengusung tema pelatihan Pelatihan Public Speaking Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, sejumlah dosen dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa (FKB), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif memberikan pelatihan kepada Warga Paguyuban Perumahan Serpong Green Paradise, Serpong, Tangerang Selatan, pada Sabtu (24/9/2022) silam.

Baca Juga

Dalam pengabdian masyarakat (PM) ini, kelompok dosen yang hadir antara lain Riastri Novianita, Cindya Yunita Pratiwi, Bobby Octavia Yuskar dan Amalia Trisna Fadilah serta beberapa mahasiswa yang terlibat, yakni Debby Andra Fortuna, Zahrah Muharom Emasya dan Wahyudin.

Riastri Novianita selaku ketua pelaksana PM Universitas BSI menuturkan, public speaking sangatlah bermanfaat bagi segala aspek kehidupan. “Karena dalam public speaking ini, kita dilatih untuk berbicara di depan umum dengan baik, bagaimana kita dapat menyampaikan pesan dengan tepat pada orang banyak, karena dalam pekerjaan pun kita dituntut untuk memiliki kemampuan public speaking yang baik misalnya ketika berpidato, atau ketika ditunjuk menjadi seorang MC, public speaking ini melatih kita untuk lebih percaya diri” tutur Riasri Novianita, dalam keterangan rilis, Senin (10/10/2022).

Senada, Bobby Octavia Yuskar selaku tutor mengungkapkan hal serupa. Menurutnya, menerapkan public speaking yang efektif itu perlu memperhatikan beberapa point penting.

“Beberapa point penting yang perlu diperhatikan agar meningkatkan skill berbicara diantaranya belajar dari ahlinya, berbusanalah yang mengesankan, survei lokasi sebelum tampil, mendalami materi yang akan dibawakan, perhatikan konten, bahasa tubuh dan kepribadian, teruslah berlatih, berlatih dan berlatih! terimalah umpan balik, mempersiapkan segala hal-hal tak terduga serta memperhatikan yang 'boleh' dan 'tidak boleh' dilakukan ketika public speaking,” jelas Bobby.

Ia juga menambahkan, bahwa manfaat lainnya mempelajari public speaking adalah meningkatkan kepercayaan diri seseorang untuk berbicara di depan umum, serta dapat menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar kepada orang lain dengan kata-kata yang tepat dan mudah dipahami.

"Semoga melalui kegiatan PM ini, wawasan dan pengetahuan peserta semakin luas dan mampu meningkatkan kepercayaan diri setiap peserta untuk tampil di hadapan banyak orang," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement