Senin 10 Oct 2022 07:26 WIB

Mengapa Hujan Es Bisa Terjadi?

Fenomena hujan es kemarin terjadi di Depok dan sekitarnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Hujan Es
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Hujan Es

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kemarin, Ahad (9/10/2022), fenomena hujan es muncul di sejumlah daerah seperti Depok dan sebagian Tangerang Selatan (Tangsel). Sebenarnya mengapa bisa terjadi hujan es?

Fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit. Fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Baca Juga

Hujan es dapat terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut. Sehingga dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.

Dikutip dari situs BMKG, Senin (10/10/2022), besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft. Ini dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk dipuncak awan Cb tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es.

Kecepatan downdraft dari awan Cb yang signifikan dapat mengakibatkan butiran es yang keluar dari awan tidak mencair secara cepat di udara, bahkan ketika sampai jatuh ke permukaan bumi pun masih dalam berbentuk butiran es yang dikenal dengan fenomena hujan es.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement