Senin 10 Oct 2022 05:46 WIB

Paul Merson Temukan Kesamaan Antara Arteta dan Guardiola

Arsenal mempertahankan posisinya di puncak klasemen Liga Inggris

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Akbar
paul merson
Foto: balls.ie
paul merson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Paul Merson menemukan kesamaan antara taktik Mikel Arteta dan Pep Guardiola di tengah bentrokan Arsenal dengan Liverpool.

The Gunners mempertahankan posisinya di puncak klasemen Liga Inggris dengan kemenangan 3-2 atas klub Merseyside itu.

Gabriel Martinelli membuka skor untuk tim London utara dalam satu menit sebelum Darwin Nunez menyamakan kedudukan untuk tim Jurgen Klopp segera setelahnya.

Bukayo Saka menggandakan gol Arsenal untuk pertandingan ini, membuat tim tuan rumah unggul hingga jeda babak pertama.

Roberto Firmino membalaskan satu gol untuk memberi Liverpool harapan, tetapi Saka merebut kembali keunggulan tim London utara dengan penalti yang diambil dengan baik.

Dalam laga lima gol yang dramatis itu, gol pertama Saka membuat Merson menyamai taktik Arteta dengan taktik Guardiola.

Martinelli menemukan Saka di tiang belakang, seperti yang pernah dilakukan Raheem Sterling untuk bos Manchester City.

Berbicara di Sky Sports, mantan gelandang Arsenal itu membedah gol yang menggandakan keunggulan The Gunners dan peran yang dimainkan pemain internasional Brasil itu.

“Saya pikir Trent Alexander-Arnold dalam posisi yang baik, menunggu, menunggu, dan dia mengambil kesempatan, menebak apa yang akan dilakukan Martinelli dan Anda tidak dapat menebak pada level sepakbola ini,” kata Merson.

"Ini adalah pemosisian yang sempurna dan Trent akan memotong operan di tengah tetapi tetap mengambil kesempatan," katanya lagi.

“Permainan hebat dari Martinelli, karena Trent Alexander membuat pergerakan itu untuk hadir dan memotongnya. Dia harus cut back, gol hebat dari Saka.”

“Saya sudah melihatnya selama bertahun-tahun, Raheem Sterling di tiang jauh menyepaknya, 'hal yang mudah'... tidak ada orang lain di sana.”

Arteta menghabiskan tiga tahun bekerja bersama Guardiola di stadion Etihad sebagai asistennya. Bos City dikatakan sering menjadi penasihat tentang taktik kepada bos Arsenal itu.

Kutipan dari buku"Pep's City: The Making of a Superteam", yang ditulis oleh Lu Martín dan Pol Ballus, berbunyi,"Arteta dan Guardiola selalu berhubungan, dan Arteta tinggal di lingkungan yang sama dengan saudara laki-laki Pep, Pere, ketika dia masih kecil saat dia berbasis di London."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement