Sabtu 08 Oct 2022 15:23 WIB

Sandiaga Uno Bawakan Kuliah Umum di Wisuda Unismuh Makassar

Sandiaga mengajak para wisudawan membangkitkan ekonomi umat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto: Dok Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, membawakan kuliah tamu dalam acara Wisuda ke-77 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Sandiaga hadir secara daring melalui Zoom. Sementara 2005 wisudawan mengikuti kuliahnya di Balai Sidang Muktamar Muhammadiyah, Kampus Unismuh Makassar, Sabtu (8/10/2022).

Sandiaga yang saat ini masih mengemban amanah sebagai Wakil Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Bandung, menyebut bahwa salah satu pembeda Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yakni pola pendidikan yang memberi penekanan pada akhlak. "Unismuh Makassar saya yakin, mampu melahirkan generasi Muslim milenial yang dapat mengolaborasikan iman dan modernitas. Jangan benturkan modernitas dengan Islam rahmatan lil alamin," ujarnya.

Baca Juga

Ia juga mengingatkan, pada era Society 5.0, pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang cerdas, berkarakter, manusiawi dan mampu memberikan solusi terhadap berbagai persoalan. "Apalagi saat ini kita menghadapi era VUCA, votality yang penuh gejolak, uncertanity ketidakpastian, complexity (penuh kompleksitas), dan ambiguity, atau dalam bahasa anak Jaksel, gaje alias nggak jelas," ujarnya.

Sandiaga mengajak para wisudawan membangkitkan ekonomi umat, dengan mengutip ayat Alquran yang kerap dijadikan semboyan Pemuda Muhammadiyah. "Ayo ber-fastabiqul khaerat, bangkitkan ekonomi umat," ajaknya.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dalam pidatonya menyebut kegiatan ini diikuti 2005 wisudawan dari tujuh fakultas dan program pascasarjana. Wisudawan tersebut tersebar di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (46 wisudawan), Fakultas Pertanian (171 wisudawan), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (276 wisudawan).

Selanjutnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (562 wisudawan), Fakultas Agama Islam (172 wisudawan), Fakultas Teknik (153 wisudawan), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (466 wisudawan), dan Program Pascasarjana (159 wisudawan).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement