Sabtu 08 Oct 2022 09:25 WIB

Padat Modal, Sektor Pariwisata Bahari Butuh Pembiayaan Optimal

Dukungan pendanaan yang lebih bersahabat dengan tenor panjang sangat dibutuhkan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Wisatawan turun dari kapal cepat setiba di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali. ilustrasi
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Wisatawan turun dari kapal cepat setiba di Pelabuhan Sanur, Denpasar, Bali. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Umum III DPP Indonesian National Shipwoners' Association (INSA) Nova Y Mugijanto mengatakan sektor pariwisata bahari memiliki potensi besar. Sayangnya, sektor tersebut masih memiliki tantangan yang cukup besar. 

“Sektor pariwisata bahari dalam negeri masih dihadapkan oleh sejumlah tantangan. Salah satunya adalah belum optimalnya dukungan pendanaan terhadap pengadaan kapal wisata maupun infrastruktur marina,” kata Nova dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (7/10/2022). 

Baca Juga

Nova mengungkapkan, dukungan pendanaan yang lebih bersahabat dengan tenor panjang sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan interest rate yang kompetetif karena model bisnis di kapal wisata dan marina sangat padat modal. 

Dia menuturkan, tantangan lain yang dihadapi dalam pengembangan wisata bahari adalah belum adanya klaster industri kapal boat di Indonesia. Hal tersebut menyebabkan rantai pasok produksi yang tidak efisien. 

“Biaya premi asuransi kapal pada kapal wisata juga cukup tinggi,” ujar Nova.

Selain itu, Nova menyebut permintaan dalam pengadaan kapal wisata juga masih minim. Sementara saat ini sebanyak 70 persen komponen pembangunan kapal masih impor. “Komponen buatan dalam negeri masih perlu ditingkatkan ragam dan kualitasnya berdasarkan inovasi-inovasi cerdas untuk menjawab kebutuhan teknologi terkini,” jelas Nova. 

Untuk mendongkar industri wisata bahari, saat ini  INSA Yacht Festival (IYF) 2022 digelar di Bali pada 7-8 Oktorber 2022. IYF menawarkan beberapa program paket bagi para pengunjung, misalnya paket Adventure Cruise dengan kapal Aneecha pada jam 13.00-16.00 WITA. Melakui paket tersebut, para tamu bisa bisa melakukan snorkeling, sun-bathing, dan standup paddling saat kapal berlayar di sekitar laut lepas.

Selain itu ada paket Sunset Retro Yachting Festive Party yang akan berlayar dengan kapal Aneecha dari pukul 17.30 WITA hingga 20.30 WITA. Tamu dapat menikmati Retro Disco party di atas laut Bali yang indah.

Yang tidak kalah menarik, IYF akan menawarkan Paket Pirates Sundown Party. Lewat paket tersebut para tamu bisa menikmati beberapa suguhan entertainment di atas megahnya kapal phinisi Sea Safari 9 di laut Tanjung Benoa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement