Jumat 07 Oct 2022 21:01 WIB

Pakar: Guru PAUD Perlu Perhatikan Kebahagiaan Anak

Guru PAUD perlu memiliki kepedulian terkait dengan kebahagiaan anak-anak.

Sejumlah murid didampingi guru mengikuti latihan manasik haji.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah murid didampingi guru mengikuti latihan manasik haji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar pendidikan dari HAMK Hame University of Applied Sciences Prof Mari Paulina Kornohen mengatakan penting bagi guru pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk memperhatikan kebahagiaan anak. "Apa yang paling penting dimiliki oleh guru PAUD adalah kepedulian pada anak, terutama kebahagiaan anak, " ujar Mari dalam pembukaan KIPINA Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (7/10/2022).

Mari menjelaskan bahwa dalam kurikulum induk di Finlandia misalnya, menekankan bahwa yang terpenting adalah bagaimana kebahagiaan anak. Kebahagiaan anak menjadi penting, karena menentukan bagaimana perjalanan pembelajaran anak di masa depan. Anak yang bahagia di sekolah, dengan sendiri akan belajar tanpa dipaksa dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Baca Juga

"Paling penting adalah bagaimana guru perhatian pada anak dan pertumbuhan dan mereka dan perkembangan mereka, " jelas dia lagi.

Academic Director of KIPINA Worldwide, Jeannine Laubner, mengatakan, kurikulum pendidikannya memiliki enam area perkembangan, yakni literasi dan bahasa, numerasi, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, kesadaran berbudaya dan satu area yang sangat dibutuhkan dunia saat ini yaitu perkembangan karakter dan keterampilan sosial. Pihaknya berupaya mengintegrasikan perkembangan karakter ke dalam sistem pendidikannya untuk menumbuhkan pribadi anak yang menghormati, berempati dan bertanggung jawab.

 

"Dalam PAUD, peran tenaga pendidik menjadi sangat besar dalam menanamkan nilai karakter dan membentuk cara berpikir anak. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sistem pengembangan profesi pendidik secara internal," kata Jeannine.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement