Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Relawan Sambut Positif Silaturahim Anies dan Ketum Demokrat 

Jumat 07 Oct 2022 20:37 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan usai memberikan keterangan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Silahturahim Anies-AHY tersebut membahas soal dinamika politik jelang Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan usai memberikan keterangan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). Silahturahim Anies-AHY tersebut membahas soal dinamika politik jelang Pilpres 2024.

Foto: Republika/Prayogi
SKI, relawan Anies Baswedan berharap pertemuan dengan AHY bawa energi positif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pertemuan antara Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dilaksanakan pada Jumat pagi (7/10/2022), dinilai sebagai peristiwa bersejarah yang dapat menjadi awal perubahan politik di Indonesia. 

Silaturahim kebangsaan di Kantor DPP PD itu dianggap sebagai momentum yang tepat untuk mendorong terbentuknya koalisi parpol pengusung Anies Baswedan, yang oleh beberapa lembaga survei disebut-sebut memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilpres 2024.  

Baca Juga

Pandangan tersebut disampaikan Sekjen SKI (Sekretariat Kolaborasi Indonesia), Raharja Waluya Jati, organisasi masyarakat pendukung Anies Baswedan. 

”Pertemuan Anies-AHY memberikan nuansa positif terkait keinginan banyak pihak agar rencana pembentukan koalisi parpol dapat diakselerasi. Hal tersebut sesuai dengan aspirasi masyarakat agar kerjasama politik untuk mengusung Pak Anies segera diformalkan,” ujar Raharja Waluya Jati, Jumat (7/10/2022) dalam keterangan tertulisnya. 

Menurut Jati, masyarakat, khususnya para pendukung Anies, menunggu-nunggu terlaksananya pertemuan antara kedua tokoh politik tersebut. Pasca deklarasi pencapresan Anies oleh Nasdem, publik berharap agar PD dan PKS dapat secepatnya meresmikan pencalonan Anies. 

”Pertemuan Anies-AHY diharapkan menghasilkan kesepahaman untuk melangkah bersama guna memperjuangkan Indonesia yang lebih berkeadilan sosial, melalui Pemilu dan Pilpres 2024,” lanjutnya.  

Inisiatif Anies untuk menyambangi dan membuka dialog dengan parpol-parpol yang selama ini diwartakan bakal berkoalisi, kata Jati, merupakan pelaksanaan mandat pencapresan dari Nasdem dan kelompok masyarakat seperti Majelis Warga. 

”Kedatangan Pak Anies ke DPP PD menunjukkan bahwa beliau menjalankan mandat dengan amanah. Beliau terjun langsung menjadi playmaker perubahan,” ucapnya. 

Dalam kacamata SKI, sambutan PD yang selalu hangat dan terbuka pada Anies menunjukkan chemistry yang baik di antara kedua belah pihak.

Bahkan, tidak hanya dengan AHY, Anies juga diketahui memiliki hubungan historis yang dekat dengan para pendiri dan pengurus DPP PD. Hal tersebut dimungkinkan karena Anies pernah menjadi salah satu peserta Konvensi Capres PD, satu dekade lalu. 

”Kami melihat baik Mas Anies maupun Mas AHY dan PD sama-sama memiliki visi untuk menjadikan Indonesia lebih baik di masa mendatang. Semoga pertemuan hari ini memperkuat energi untuk menggerakkan perubahan,” ujar dia.     

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA