Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Menpora: Olahraga Tumbuhkan Mentalitas Fair Play

Jumat 07 Oct 2022 23:17 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Menpora Zainuddin Amali membuka acara Media Cup 2022 memperebutkan Piala Menpora, Kamis (6/10/2022).

Menpora Zainuddin Amali membuka acara Media Cup 2022 memperebutkan Piala Menpora, Kamis (6/10/2022).

Foto: Istimewa
Menpora Zainuddin Amali sebut olahraga menumbuhkan mentalitas fair play.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aice Group bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali serta komunitas pesepakbola-wartawan dari belasan media nasional menyuarakan bersama pentingnya semangat prestasi olahraga yang beriringan dengan nilai persahabatan dan fair play.

Semangat olahraga dalam kompetisi sepak bola tidak pernah bisa dipisahkan dari sikap saling menghormati dan menjunjung tinggi keolahragawanan dalam pertandingan.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan, turnamen dan pertandingan sepak bola sejatinya menjadi hilir dari proses panjang kerjasama pemangku kepentingan membangun aspek teknis dan non teknis keolahragaan.

Sehingga Menpora meyakini semua turnamen olahraga harus dapat melahirkan bukan hanya atlet yang berprestasi tapi juga mentalitas fair play

Menpora juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemangku kepentingan yang mampu menjaga agar berbagai upaya pencetakan prestasi olahraga terus berjalan baik. Menurutnya kolaborasi dan komitmen yang kuat antar pemangku kepentingan olahraga dalam membudayakan dan mencetak prestasi sudah menjadi keniscayaan.

Menpora menjelaskan hal tersebut pada sebuah kesempatan pembukaan turnamen komunitas media di Triboon Mini Soccer Jakarta Selatan, Kamis (6/10/2022) lalu. 

Namun dia juga mengingatkan bahwa semangat sportifitas atau fair play adalah hal yang mutlak selalu dijalankan oleh setiap olahragawan. Menurutnya, dengan makin berkualitasnya permainan serta tingginya standar fair play tentu akan membuka pintu masuk bagi masyarakat dan juga kalangan swasta untuk masuk mendukung berbagai event olahraga di negeri kita.

“Turnamen yang didukung stakeholders menjadi sarana hulu dan hilir dalam pembudayaan dan pencetakan prestasi olahraga. Proses yang panjang ini diawali oleh pembudayaan olahraga, pembinaan usia dini, kompetisi berjenjang dan sistematis sampai penerapan sports-science. Tapi ingat, semua proses tersebut membutuhkan dukungan aktif semua stakeholder. Karenanya kami mengapresiasi Aice dan banyak kalangan swasta lain yang sudah mendukung kegiatan PSSI Pers ini terlaksana,” kata Zainuddin dalam rilisnya, Jumat (7/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Brand Manager sekaligus Juru Bicara Aice Group Sylvana Zhong menjelaskan partisipasi aktif Aice di dunia olahraga sejalan dengan visi produk Aice yang berkualitas dunia dan inovatif.

Mulai produk Aice Mango Low Fat Less Sugar, Aice Blueberry Cookies, Aice mochi es krim dan juga es krim dengan kandungan vitamin lainnya. Aice juga memiliki komitmen besar menyebarkan semangat olahraga khususnya perkembangan olahraga nasional.

Seperti terlibat dalam even-even olahraga baik tingkat nasional maupun internasional misalnya bekerjasama dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga, yakni Festival Olahraga Usia Dini, Festival Olahraga Tradisional serta Hari Olahraga Nasional 2022, di event internasional Aice adalah official es krim FIFA World Cup Qatar 2022.

Sebagai pelopor di pertama di Indonesia, produk es krim Mochi dari Aice dengan kemasan barunya yang bertema sepakbola menjadi penyemangat dalam turnamen yang diikuti oleh sekitar sekitar 200 wartawan olahraga ini.

Kompetisi ini dijalani oleh 16 tim yang disusun berdasarkan perusahaan media tempat berprofesinya. Para pewarta dari media online, cetak dan elektronik tersebut memperebutkan Piala Menpora Media Cup tahun ini.

Aice menghadirkan keceriaan di dalam gelaran ini dengan membagikan ribuan es krim Aice mochi kepada seluruh peserta kompetisi dan tamu undangan tidak ketinggalan maskotnya Aice Mochi Baby bertema bola yang turut menyemarakkan Media Cup 2022 ini.  

Produsen yang kini telah mengekspor es krim ke berbagai negara ASEAN ini menjelaskan ada prinsip kerjasama dalam olahraga untuk memperoleh sebuah kemenangan atau keberhasilan yang perlu dijalankan semua anak bangsa dalam menyukseskan proses pencetakan juara itu sendiri.

“Semangat olahraga mengajarkan kita untuk bisa saling bekerjasama untuk mendapatkan kemenangan. Aice bersama wartawan dan Kemenpora mengajak kita semua untuk bekerjasama. Kita bergotong royong membangun kemajuan olahraga nasional kita. Lewat ikhtiar di Media Cup 2022 ini, mudah-mudahan kita akan menjadi lebih sehat, lebih bersilaturahmi dan mampu melahirkan atlet berprestasi dari berbagai kalangan,” pungkas Sylvana.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA