Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Dukung Pengembangan UMKM, Kementerian BUMN Apresiasi Peran Pupuk Kaltim

Sabtu 08 Oct 2022 05:10 WIB

Rep: retno wulandhari/ Red: Hiru Muhammad

   PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10            Logo Pupuk Kaltim

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10 Logo Pupuk Kaltim

Foto: facebook.com/pupukkaltim
Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero menggelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10/2022). Gelaran tersebut dalam rangka meningkatkan kontribusi terhadap pengembangan pelaku UMKM sekaligus memfasilitasi masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Kegiatan ini turut dihadiri Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, perwakilan BUMN se-Kaltim bersama Yayasan BUMN, serta stakeholder terkait lainnya. Pada kesempatan itu, Yayasan BUMN turut menyalurkan bantuan perangkat kesehatan kepada Pemkot Samarinda berupa satu unit ventilator, satu unit oksigen consentrator dan 1.200 masker.

Baca Juga

SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat sesuai arahan Kementerian BUMN, untuk berperan aktif sebagai agen pembangunan melalui kontribusi nyata di bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini pun sejalan dengan implementasi TJSL Pupuk Kaltim, yang difokuskan kepada tiga sektor utama yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMKM. 

“Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kalimantan Timur, dan sebagian besar diantaranya merupakan binaan Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk Pasar Rakyat, disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako murah bagi warga Kota Samarinda,” kata Erriza dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Jumat (7/10)

Untuk Pasar Rakyat, masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok senilai Rp 90 ribu dengan harga beli Rp55 ribu. Tiap paket berisi 5 Kg beras, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng. Sementara Bazaar UMKM dihadirkan sebagai sarana promosi dan penjualan bagi UMKM binaan, sehingga ragam produk dari berbagai sektor usaha makin dikenal luas untuk mendorong pengembangan potensi pasar dan daya saing pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini diharap masyarakat lebih terbantu mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, di tengah kondisi naiknya harga komoditas di pasaran. Begitu pula UMKM binaan yang difasilitasi selama kegiatan, dapat semakin berdaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat. 

“Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran,” tambah Erriza.

Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, mengatakan program pasar rakyat dan bazaar UMKM ini sejalan dengan upaya pemerintah khususnya Kementerian BUMN, agar badan usaha senantiasa berperan dalam mengatasi kesenjangan sosial sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat. Terlebih pandemi Covid-19 dua tahun terakhir berimbas ke berbagai sektor, sehingga BUMN bersama anak usaha didorong mengambil peran strategis untuk memberi manfaat melalui kolaborasi aktif di berbagai bidang. 

"Ini salah satu bentuk manfaat BUMN bagi masyarakat, dengan turun langsung membantu pemenuhan kebutuhan di tengah kondisi sulit saat ini. Begitu pula dalam memajukan UMKM, dukungan yang diberikan diharap mendorong pelaku usaha kembali tumbuh dan berkembang," kata Arya. 

Arya menyebut pembinaan bagi pelaku UMKM merupakan salah satu target pemerintah dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan. Hal ini salah satunya disikapi dengan memberikan kemudahan akses permodalan untuk menciptakan peluang usaha, sehingga masyarakat mandiri dan berdaya saing mampu terwujud melalui peran BUMN.

"Sehingga ke depan keluarga pra sejahtera semakin didorong menjadi sejahtera. Baik melalui implementasi TJSL masing-masing BUMN, maupun program langsung Pemerintah. Itu salah satu langkah yang terus digencarkan dalam mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat," tambah Arya. 

Wali Kota Samarinda Andi Harun, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas digelarnya Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, sekaligus mendorong pelaku usaha kecil semakin berdaya. Hal ini pun sejalan dengan program Pemkot Samarinda dalam penciptaan peluang ekonomi baru dan memberikan keamanan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Pupuk Kaltim, serta seluruh stakeholder terkait yang telah mendukung kegiatan ini. Mari terus perkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan BUMN di daerah dalam mensukseskan pembangunan," tutur Andi Harun. 

Salah satu penerima manfaat Nuryani, warga Telok Lerong Ilir Samarinda Ulu, mengaku sangat terbantu dengan Pasar Rakyat Pupuk Kaltim yang memberikan kemudahan mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau. Terlebih dengan tingginya harga komoditas di pasaran dalam beberapa waktu terakhir, program ini dinilai tepat karena manfaat yang langsung dirasakan masyarakat.

"Syaratnya juga mudah, tinggal bawa KTP. Kami bisa dapat bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau, semoga program ini bisa terus berkelanjutan," jata Nuryani.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA