Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Pengelola Tol Cipali Normalisasi Sungai Atasi Banjir

Jumat 07 Oct 2022 19:50 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Banjir di Tol Cipali Km 136. Pengelola Tol Cipali melakukan normalisasi sungai di sekitar tol untuk atasi banjir.

Banjir di Tol Cipali Km 136. Pengelola Tol Cipali melakukan normalisasi sungai di sekitar tol untuk atasi banjir.

Foto: dok. Istimewa
Pengelola Tol Cipali melakukan normalisasi sungai di sekitar tol untuk atasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Pengelola jalan Tol Cipali bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum melakukan normalisasi Sungai Cilalananguntuk mengantisipasi pencegahan luapan atau genangan air di jalan tol pada musim hujan.

"Kami dan BBWS bersama-sama melakukan pemeliharaan, pemantauan dan pengawasan terhadap Sungai Cilalanang yang melintasi Jalan Tol Cipali," kata Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali, Sri Mulyo, di Subang, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga

Ia menyampaikan kalau hal tersebut merupakan antisipasi ASTRA Tol Cipali, sebagai pengelola, dalam menghadapi musim hujan, agar tidak terjadi luapan air yang menggenangi jalan Tol Cipali.

Menurut dia, sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pengguna jalan, pihaknya telah melakukan normalisasi drainase, membersihkan manhole dan sistem drainase yang terdiri dari inlet dan outlet, serta pembersihan sendimentasi atau endapan pada box culvert.

"Tindakan itu dilakukan di drainase yang melintang (crossing) maupun yang memanjang," kata dia.

Sri Mulyo menyampaikan pemantauan melalui CCTV yang tersebar per 1 kilometer di sepanjang jalan Tol Cipali juga menjadi bagian dari salah satu upaya ASTRA Tol Cipali dalam mengantisipasi pencegahan luapan air di jalan tol pada musim hujan.

Tentunya, kata dia, sinergi yang terjalin baik dengan BBWS, lembaga pemerintahan setempat, dan masyarakat merupakan salah satu kunci dan upaya ASTRA Tol Cipali dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Pihaknya mengimbau agar pengguna jalan selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 kilometer per jam dan maksimal 100 kilometer per jam. Jika dalam kondisi hujan, kecepatan maksimal berkendara 70 kilometer per jam.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA