Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Libatkan Penyuluh dan Dai Turunkan Stunting, Wapres: Upaya Wujudkan Maqashid Syari'ah

Jumat 07 Oct 2022 17:21 WIB

Red: Hiru Muhammad

Upaya percepatan penurunan stunting sejalan dengan tujuan disyaratkannya agama Islam (Maqashid Syari

Upaya percepatan penurunan stunting sejalan dengan tujuan disyaratkannya agama Islam (Maqashid Syari

Foto: istimewa
Penurunan stunting merupakan bagian dari menjaga kehidupan, akal, dan keturunan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Upaya percepatan penurunan stunting sejalan dengan tujuan disyaratkannya agama Islam (Maqashid Syari'ah). Demikian disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH. Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (6/10/22).

"Upaya mendorong percepatan penurunan stunting merupakan upaya mulia yang sesuai dengan pelaksanaan Maqashid Syari'ah," ungkap Wapres dalam Halaqoh Nasional Pelibatan Penyuluh, Da'i, dan Da'iyah untuk Mendukung Percepatan Penurunan Stunting ini.

Baca Juga

Wapres menambahkan, upaya penurunan stunting merupakan bagian dari menjaga jiwa (Hifzh Al-Nafs), akal (Hifzh Al-'Aql), dan keturunan (Hifzh Al-Nasl). "Termasuk dalam menjaga kehidupan adalah dengan menjaga hal-hal yang darurat (primer), sekunder, dan tersier. Itu semua termasuk dari tujuan disyariatkannya Islam," tambahnya.

Wapres menegaskan, penurunan stunting merupakan bagian dari menjaga kehidupan, akal, dan keturunan. Katanya, Al-Qur'an dan hadis banyak mengajarkan umat manusia agar melahirkan keturunan yang kuat secara fisik, pemikiran, jiwa, ekonomi, dan bidang kehidupan lainnya.

"Berbagai upaya penanganan dan penurunan stunting harus kita praktikkan. Langkah ini menjadi bagian ibadah yang harus diamalkan dan didakwahkan," tegasnya.

Wapres menambahkan, dalam menyampaikan edukasi kepada masyarakat, para Penyuluh Agama, dai, dan daiyah hendaknya menggunakan konten dan cara yang tepat. Termasuk di dalamnya penggunaan bahasa yang lembut dan santun.

"Ajak masyarakat dengan cara bijaksana, nasihat baik, teladan, ucapan yang bagus, mulia, dan santun. Ajak masyarakat melakukan langkah penurunan dan pencegahan stunting melalui pendekatan keagamaan yang bisa dipahami supaya masyarakat menerima dengan baik dan dakwah kita berhasil," kata Wapres.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA