Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Perbanyak Shalawat Agar Tergolong Orang Berilmu, Ini Pesan Syaikhona Kholil

Jumat 07 Oct 2022 08:42 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Rasulullah SAW. Shalawat mempunyai keutamaan yang besar bagi siapapun yang membacanya

Ilustrasi Rasulullah SAW. Shalawat mempunyai keutamaan yang besar bagi siapapun yang membacanya

Foto: Republika/Mardiah
Shalawat mempunyai keutamaan yang besar bagi siapapun yang membacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sangat dianjurkan mengisi Rabiul Awal atau bulan maulid dengan memperbanyak membaca sholawat. 

Dengan memperbanyak membaca sholawat akan menambah kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga

Di antara sholawat yang populer dibaca umat Muslim di Indonesia adalah sholawat ilmu yang ditulis ulama kharismatik dari tanah Madura yakni  KH Muhammad Kholil bin KH Abdul Latif atau yang lebih dikenal Mbah Kholil Bangkalan. 

Syekh Kholil adalah salah satu ulama termasyhur dari tanah Madura yang hidup antara abad ke-19 sampai abad ke-20. Banyak ulama-ulama besar di Tanah Air yang memiliki sanad keilmuan kepada Syekh Kholil. 

Shalawat karya Syekh Kholil ini dapat ditemukan dalam kitab Ithaf al-KhillanShalawat ini juga berisi doa agar digolongkan sebagai ahli ilmu.

Dan juga berisi doa agar menjadi orang-orang yang senantiasa berkumpul bersama orang-orang saleh dan orang-orang yang berilmu baik secara lahir maupun bathin.  Berikut sholawat karya mbah Kholil beserta artinya: 

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﻠَﺎﺓً ﺗَﺠْﻌَﻠُﻨَﺎ ﺑِﻬَﺎ ﻣِﻦْ ﺍَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻇَﺎﻫِﺮًﺍ ﻭَ ﺑَﺎﻃِﻨًﺎ ﻭَ ﺗَﺤْﺸُﺮُﻧَﺎ ﺑِﻌِﺒَﺎﺩِﻙَ ﺍﻟﺼَّﻠِﺤِﻴْﻦَ ﻓِﻲ ﺩُﻧْﻴَﺎﻧَﺎ ﻭَ ﺍُﺧْﺮَﺍﻧَﺎ ﻭَ ﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَ ﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَ ﺳَﻠِّﻢْ

“Ya Allah berikanlah shalawat dan salam kepada junjungan kita Sayyidina Muhammad SAW yang dengan shalawat tersebut Engkau jadikan kami termasuk dari golongan ahli ilmu baik tampak maupun tersembunyi dan Engkau kumpulkan kami bersama hamba-hamba-Mu yang saleh baik di dunia maupun di akhirat dan atas para keluarganya dan para sahabatnya.” 

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA