Jumat 07 Oct 2022 08:03 WIB

Keputusan KSAD Keluar, Kodim Teluk Wondama Segera Diresmikan

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema akan meresmikan Kodim Teluk Wondama.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Personel Kodim Persiapan Teluk Wondama di Papua Barat.
Foto: Dok Kodim Teluk Wondama
Personel Kodim Persiapan Teluk Wondama di Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, TELUK WONDAMA -- Perwira utusan Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Kolonel Inf Totok Sulistyono menyampaikan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  Jenderal Dudung Abdurachmanmenerbitkan surat keputusan tentang pembentukan Komando Distrik Militer (Kodim) Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat.

"Surat keputusan (dalam) pekan ini sudah ada. Nanti untuk peresmian akan dilimpahkan kepada Kodam (Kodam XVIII/Kasuari)," kata Totok saat ditemui di sela kunjungan ke Markas Kodim Persiapan Teluk Wondama di Isei, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, Jumat (7/10/2022).

Totok menyebut, peresmian Kodim definitif Teluk Wondama akan segera dilakukan secepatnya oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen Gabriel Lema mewakili KSAD. Dia meninjau lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan Markas Kodim Teluk Wondama, termasuk fasilitas pendukung yang telah dihibahkan Pemkab setempat.

Totok datang didampingi Mayor Kav Setia Hanggara, Kapten Cba Markus Bambang Suratno, dan Serma Dodi Marta Digantara. Kodim Teluk Wondama nantinya berada di bawah kendali Kodam XVIII/Kasuari Sementara tim pendamping dari Kodam XVIII/Kasuari terdiri dari Kolonel Inf Stefanus Satrio Aribowo, Letkol Czi Tambohule Wulaa, Letkol Cba Tony Ebiyanto, dan Kapten Czi Hara Sandi Yudha.

Menurut Totok, dengan telah keluarnya surat keputusan KSAD maka diharapkan Kodim Teluk Wondama segera beroperasi secara penuh. Sehingga keberadaannya bisa memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah dan juga masyarakat Teluk Wondama.

"Personel sudah lengkap juga. Kemudian markas juga pelan-pelan kita isi. Kemudian juga ada beberapa fasilitas yang mungkin perlu mendapat bantuan dari Bapak Bupati," ujar perwira menengah yang pernah lama bertugas di Provinsi Maluku itu.

Wakil Bupati Teluk Wondama, Andarias Kayukatui yang ikut mendampingi tim dari Mabesad, menyambut baik telah keluarnya Keputusan KSAD tentang pembentukan Kodim Teluk Wondama. Andi, sapaan akrabnya, menyatakan Pemkab Wondama berharap, peresmian Kodim Teluk Wondama bisa segera terwujud sehingga menjadi kado HUT ke-77 TNI bagi masyarakat Teluk Wondama.

Sebagai wujud dukungan, kata dia, Pemkab Teluk Wondama telah menyiapkan lahan seluas tiga hektare di Distrik Rasiei untuk pembangunan markas Kodim dan juga perumahan bagi para prajurit. Selain itu, Pemkab Teluk Wondama juga telah menghibahkan bangunan kantor Distrik Rasiei dan beberapa bangunan lainnya yang telah difungsikan sebagai Markas Kodim Persiapan Teluk Wondama.

"Dengan demikian kami juga berharap peresmian Kodim ini jangan terlalu lama dan dalam waktu dekat juga bisa diresmikan oleh Pangdam XVIII/Kasuari," ucap Andi.

Komandan Kodim (Dandim) Persiapan Letkol Inf Saheri mengatakan, pihaknya selama ini terus berkoordinasi dengan Pemkab Teluk Wondama maupun Kodam XVIII/Kasuari dalam rangka percepatan peresmian Kodim Teluk Wondama. Adapun Kodim Persiapan Teluk Wondama telah terbentuk sejak 2019.

"Kami sampaikan terima kasih kepada ketua tim (dari Mabesad) dan Bapak Bupati dan Wakil Bupati. (Pemda) Sangat mendukung dengan percepatan pembentukan Kodim Teluk Wondama. Semoga segera dilaksanakan peresmian," kata Saheri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement