Kamis 06 Oct 2022 22:32 WIB

Jose Mourinho di Ambang Lampaui Rekor Sir Alex Ferguson

Mourinho meraih 106 kemenangan di kompetisi Eropa sama seperti Sir Alex.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.
Foto: AP/Andrew Medichini
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih AS Roma Jose Mourinho di ambang menyalip rekor pelatih legendaris Sir Alex Ferguson sebagai pelatih paling sukses di kompetisi Eropa jika Roma menang atas Real Betis dalam pertandingan Grup C Liga Europa, di Stadion Olimpico, Jumat (7/10/2022) dini hari WIB. Mourinho kembali ke Italia tahun lalu dan sejauh ini berjalan baik dalam memimpin pasukan Giallorossi.

Mourinho membawa Roma meraih gelar Eropa pertama musim lalu ketika mengangkat Liga Konferensi Eropa. Dan melawan Betis, kehebatan Mourinho akan diuji sekaligus kesempatan menjadi pelatih sukses di kompetisi Eropa.

Baca Juga

Dilansir dari Football Italia, Kamis (6/10/2022), Mourinho meraih 106 kemenangan di kompetisi Eropa dalam karier kepelatihannya. Jumlah yang sama dengan rekor Sir Alex Ferguson. Oleh karena itu kemenangan atas Betis akan membuat Mourinho melewati catatan Ferguson yang menjadi pelatih tersukses dalam sejarah Eropa.

Tetapi Mourinho tampaknya tak terlalu memikirkan peluangnya menjadi pelatih tersukses di kompetisi Eropa. Ia justru fokus bagaimana perjalanan kariernya. Ia menegaskan dalam pikirannya lebih fokus kepada tim sendiri.

“Ini bukan insentif atau kebanggaan, ketika tiba saya akan selalu bangga dengan karier saya. Ketika saya menyelesaikan karier saya, saya akan memiliki banyak hal untuk diingat dan dipikirkan,” kata Mourinho dalam konferensi pers jelang laga.

Mourinho melatih banyak klub top Eropa. Ia pernah menjadi pelatih Real Madrid, Benfica, Tottenham Hotspur, Chelsea, FC Porto, Inter Milan, Manchester United, Leiria, dan asisten Barcelona. Dalam perjalanan karier kepelatihannya ia telah mengangkat semua gelar Eropa, yakni Liga Chammpions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement