Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Alami Penyakit Parkinson, Aktor Back to the Future Ungkap Gejalanya

Jumat 07 Oct 2022 00:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini

Penyakit parkinson, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai agar penyakit Parkinson bisa ditemukan lebih dini.

Penyakit parkinson, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai agar penyakit Parkinson bisa ditemukan lebih dini.

Foto: care2
Ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai agar penyakit Parkinson secara dini

REPUBLIKA.CO.ID, HOLLYWOOD -- Aktor Michael J Fox telah hidup dengan penyakit Parkinson selama 30 tahun. Menurut bintang film Back to the Future tersebut, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai agar penyakit Parkinson bisa ditemukan lebih dini.

"Saya telah mengidap Parkinson selama 30 tahun, saya pikir ini telah menjadi bagian dari hidup saya," kata Fox, seperti dilansir EatThis.

Baca Juga

Fox mengatakan penyakit Parkinson terkadang membuat hari-harinya terasa berat. Dia bahkan bisa kesulitan hanya untuk beranjak dari tidur dan bersiap-siap untuk beraktivitas. Akan tetapi, Fox memilih untuk tak menyerah.

"Pada momen apa pun, Anda memiliki pilihan: saya tidak bisa melalui momen ini atau saya bisa melalui momen ini," kata Fox.

Secara umum, penyakit Parkinson adalah gangguan degeneratif yang mempengaruhi neuron pemroduksi diopamin di bagian tertentu otak. Bagian otak tersebut dikenal dengan nama substantia nigra, seperti dilansir Parkinson.

Hingga saat ini, penyebab penyakit Parkinson belum benar-benar diketahui. Akan tetapi, peneliti meyakini bahwa penyakit Parkinson terjadi akibat kombinasi faktor genetik dan faktor lingkungan.

Menurut Fox, ada lima gejala penyakit Parkinson yang perlu diketahui dan diwaspadai oleh masyarakat luas. Berikut ini adalah lima gejala tersebut, seperti dilansir EatThis.

Gangguan Bicara

Salah satu gejala yang dialami oleh Fox saat terkena penyakit Parkinson adalah gangguan bicara. Gejala ini pula yang menjadi alasan bagi Fox untuk pensiun sebagai aktor. Fox mengatakan gangguan bicara ini membuat Fox tak bisa berakting dengan nyaman.

"Saya mencapai titik di mana saya tak bisa bergantung pada kemampuan saya untuk bicara," kata Fox.

Tremor dan Kedutan

Berdasarkan pengalamannya, Fox mengatakan gejala awal penyakit Parkinson yang dia alami adalah kedutan. Fox mengatakan jari kelingking kirinya mengalami kedutan yang tak kunjung berhenti. Saat itu, Fox tak tahu mengapa kondisi tersebut bisa terjadi dan tak pernah berpikir bahwa kondisi tersebut merupakan awal dari masalah yang lebih berat.

Kesulitan Berjalan

Gejala yang cukup umum dialami oleh penderita penyakit Parkinson adalah kesulitan berjalan. Gejala ini pula yang dialami oleh Fox sehingga dia harus beraktivitas dengan kursi roda. Meski kondisi ini membatasi geraknya, Fox mengatakan dia merasa baik-baik saja karena dikelilingi oleh keluarga yang dia sayangi.

Gangguan Ingatan

Keluhan umum lain yang mungkin dihadapi oleh penyandang penyakit Parkinson adalah gangguan daya ingat. Fox mengatakan gejala ini membuatnya tak bisa mengingat dialog ketika menjalani syuting serial drama "The Good Fight".

Melambat

Orang-orang dengan penyakit Parkinson juga umumnya akan menunjukkan gejala berupa gerakan yang melambat. Fox mengatakan kondisi ini membuatnya cukup kesulitan untuk menjalani keseharian. Terlebih, dia juga bisa mengalami gejala-gejala lain seperti tremor.

Terlepas dari beragam kesulitan yang dia hadapi, Fox memilih untuk tetap bersikap positif. Fox juga selalu menemukan cara untuk bersyukur di tengah berbagai hambatan yang dia lalui. Meski gejalanya memburuk, Fox tak suka bila orang-orang mengasihaninya.

"Dikasihani membuat dia merasa gila," kata sahabat Fox, Denis Leary. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA