Kamis 06 Oct 2022 22:55 WIB

Rusia Lobi Pemungutan Suara Dilakukan Rahasia di Majelis Umum PBB

PBB akan mempertimbangkan sikap atas putusan Rusia mencaplok 4 wilayah Ukraina

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Rusia melobi untuk pemungutan suara rahasia alih-alih pemungutan suara publik ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akan melakukan pertemuan pekan depan untuk menentukan sikap atas keputusan Rusia mencaplok empat wilayah Ukraina
Foto: AP/John Minchillo
Rusia melobi untuk pemungutan suara rahasia alih-alih pemungutan suara publik ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akan melakukan pertemuan pekan depan untuk menentukan sikap atas keputusan Rusia mencaplok empat wilayah Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Rusia melobi untuk pemungutan suara rahasia alih-alih pemungutan suara publik ketika Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa akan melakukan pertemuan pekan depan. Organisasi beranggotakan 193 negara itu pada pekan depan akan mempertimbangkan sikap atas keputusan Rusia untuk mencaplok empat wilayah di Ukraina.

“Ini jelas merupakan perkembangan yang dipolitisasi dan provokatif yang bertujuan memperdalam perpecahan di Majelis Umum dan membuat keanggotaannya semakin terpisah,” tulis Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia dalam sebuah surat kepada negara-negara bagian PBB yang dilihat oleh Reuters.

Baca Juga

Nebenzia berpendapat bahwa pemungutan suara rahasia diperlukan karena lobi Barat memungkin sangat sulit jika posisi diungkapkan secara terbuka. Para diplomat mengatakan Majelis Umum kemungkinan harus memberikan suara secara terbuka tentang apakah akan mengadakan pemungutan suara rahasia.

Ukraina dan sekutunya mengecam referendum di Donetsk, Luhansk, Kherson dan Zaporizhzhia sebagai ilegal dan memaksa. Sebuah resolusi MU PBB yang dirancang Barat akan mengutuk referendum ilegal yang dilakukan Rusia dan upaya pencaplokan ilegal dari daerah-daerah tempat pemungutan suara terjadi.

Rusia memveto resolusi serupa di Dewan Keamanan beranggotakan 15 negara pada pekan lalu.  Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk PBB Olof Skoog, mengatakan UE sedang berkonsultasi secara luas dengan negara-negara anggota PBB menjelang kemungkinan pemungutan suara pada pekan depan.

"Kecuali jika komunitas internasional bereaksi, ada klaim bahwa tidak ada yang memperhatikan dan ini sekarang menjadi wewenang penuh bagi negara lain untuk melakukan hal yang sama atau memberikan pengakuan atas apa yang telah dilakukan Rusia," kata Skoog pada Rabu (5/10/2022).

Rusia tidak sepenuhnya mengendalikan salah satu dari empat provinsi yang diklaim telah dicaploknya. Pasukan Ukraina telah merebut kembali ribuan kilometer persegi wilayah sejak awal September.

Langkah-langkah di PBB mencerminkan yang terjadi pada 2014 setelah Rusia mencaplok Krimea Ukraina. Dalam pertemuan DK PBB, Rusia memveto rancangan resolusi yang menentang referendum tentang status Krimea dan mendesak negara-negara untuk tidak mengakuinya. Majelis Umum kemudian mengadopsi resolusi yang menyatakan referendum tidak sah dengan 100 suara mendukung, 11 menentang, dan 58 abstain formal, sementara dua lusin negara tidak ambil bagian.

Rusia telah berusaha untuk mengurangi isolasi internasional setelah hampir tiga perempat anggota Majelis Umum memilih untuk menegurnya dan menuntutnya menarik pasukannya dalam waktu seminggu setelah invasi 24 Februari ke negara tetangga Ukraina. Menjelang pemungutan suara oleh Majelis Umum pada April untuk menangguhkan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia, negara itu memperingatkan negara-negara lain, bahwa suara ya atau abstain akan dipandang sebagai tidak bersahabat dengan konsekuensi bagi hubungan mereka.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement