Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Mata Minus Bisa Dicegah, Kalau Telanjur Pakai Kacamata Jangan Dilepas Kecuali Hendak Tidur

Kamis 06 Oct 2022 18:52 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Anak berkacamata. Risiko rabun jauh pada anak bisa dicegah dengan melakukan aktivitas di luar ruang setidaknya 90 menit setiap hari.

Anak berkacamata. Risiko rabun jauh pada anak bisa dicegah dengan melakukan aktivitas di luar ruang setidaknya 90 menit setiap hari.

Foto: pexels
Dokter mata anak menjelaskan bahwa rabun jauh bisa dicegah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis mata anak Feti Karfati Memed mengatakan miopi atau rabun jauh pada anak bisa dicegah. Caranya ialah dengan melakukan aktivitas luar ruangan setidaknya 90 menit setiap hari.

"Aktivitas luar gedung setidaknya 90 menit setiap hari akan mengurangi risiko terjadinya miopi, tapi bukan dengan membawa gawai keluar rumah", ucapnya dalam webinar bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan tema 'Mata Sehat Era Digital' yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga

Dr Feti menjelaskan kegiatan di luar ruangan berbeda dengan keluar rumah jarak dekat. Kegiatan yang dimaksud bisa berupa kegiatan olahraga tanpa membawa gadget keluar.

"Jadi bukan di halaman bawa ponsel, lihat ponsel di halaman, ini tidak sama. Jadi harusnya melakukan suatu olahraga di luar rumah," ucap dr Feti.

Selain itu, penggunaan gawai harus menerapkan aturan 20-20-20, yaitu bermain 20 menit, berhenti 20 detik, dan melihat dengan jarak 20 kaki (enam meter). Dr Feti yang praktik di Cicendo Eye Hospital ini juga menyarankan penggunaan gawai atau ponsel harus dibatasi tidak lebih dari tiga jam dalam sehari.

Terlalu banyak screen time akan mempercepat terjadinya mata minus. Mata pun dapat menjadi kering.

Jika anak sudah telanjur mengalami rabun jauh, dr Feti menyarankan untuk segera mendapatkan kacamata yang ukuran lensanya pas untuk anak. Kacamata perlu dikenakan selama anak beraktivitas agar perkembangan minusnya melambat.

"Jadi jangan dibuka-buka kacamatanya, kecuali tidur. Setelah pakai kacamata, rutin kontrol untuk pemeriksaan kacamata dan refraksinya," ucap Feti.

Refraksi adalah proses masuknya cahaya dari bagian depan mata untuk dibiaskan tepat pada retina agar objek penglihatan jelas. Pada mata minus, cahaya tidak dapat difokuskan dengan jelas sehingga bayangan benda terlihat buram.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA