Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sambut Keputusan Nasdem, Demokrat: AHY Dekat dengan Anies

Kamis 06 Oct 2022 12:53 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Erik Purnama Putra

Anggota Komisi III DPR, Didik Mukrianto (tengah).

Anggota Komisi III DPR, Didik Mukrianto (tengah).

Foto: DPR
Rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai yang diperjuangkan Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP Partai Demokrat menyambut baik langkah berani Partai Nasdem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) di 2024. Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto menyebut, Anies merupakan sosok yang sangat dekat dengan partainya, terutama Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Sejauh ini kami menilai, rekam jejak Anies memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang kami perjuangkan. Anies dan Ketum AHY pun memiliki hubungan yang cukup dekat," kata Didik kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Dia menegaskan, sebagai partai yang menjunjung tinggi demokrasi, Demokrat menghormati dan menghargai sepenuhnya otonomi tiap parpol dalam membuat keputusan dan pilihan politiknya. "Dan kami juga menyambut baik keputusan Partai Nasdem yang menetapkan Mas Anies Baswedan sebagai capres dari Partai Nasdem untuk Piplres 2024," ucap anggota Komisi III DPR itu.

Didik mengakui, dengan penetapan itu maka Nasdem telah berperan menghadirkan rekrutmen kepemimpinan bangsa yang baik. Hal itu sejatinya memang menjadi tugas dan tanggung jawab partai politik, ikut melahirkan pemimpin-pemimpin terbaik bagi bangsa Indonesia.

Dia mengakui, sosok Anies adalah salah satu putra terbaik bangsa. Anies, sambung dia, berproses cukup panjang, sejak mengenyam pendidikan doktor, kemudian menjadi rektor Paramadina, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hingga Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, semakin banyak putra terbaik bangsa yang dapat kesempatan menjadi calon pemimpin bangsa ini, hal menjadi kebaikan.

"Partai Demokrat juga punya standing sikap dalam menentukan calon Pemimpin pada Pilpres 2024. Integritas, kapasitas, kapabilitas dan kompetensi menjadi basis kriteria, selain elektabilitas," ucap Didik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA