Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Sulit Tidur karena Nyeri Punggung? Coba Redakan dengan Cara Ini

Kamis 06 Oct 2022 01:10 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Susah tidur (Ilustrasi). Nyeri punggung dapat membuat penderitanya sulit tidur.

Foto:
Nyeri punggung dapat membuat orang sulit tidur.

Posisi bantal

Tidur dengan posisi bantal yang tepat juga bisa membantu meringankan keluhan nyeri punggung. Sebagian orang akan terbantu bila tidur menyamping dengan meletakkan bantal atau guling di antara kedua kaki.

"Ini mengurangi tekanan pada pinggul dan panggul serta memungkinkan punggung untuk lebih rileks," ujar Roffi.

Bagi yang terbiasa tidur dalam posisi tengkurap, meletakkan bantal di bawah perut atau menekuk salah satu lutut ke samping juga bisa membantu. Dalam hal ini, pilih bantal setipis mungkin untuk diletakkan di bawah perut.

Pada orang-orang yang bermasalah dengan nyeri punggung atas, dianjurkan untuk tidur berbaring dengan satu buah bantal diletakkan di bawah punggung. Posisi lain yang juga bisa membantu adalah tidur sambil memeluk guling agar tubuh tidak memutar jauh saat tidur.

"Meletakkan bantal di bawah lutut (saat berbaring telentang) bisa mengurangi tekanan pada punggung bawah," kata Roffi.

Rileks sebelum tidur

Faktor lain yang juga bisa memicu nyeri punggung adalah stres. Untuk menghindari situasi ini, coba lakukan rutinitas yang merelaksasi tubuh sekitar 30 menit sebelum tidur.

Redupkan pula lampu dan hindari paparan berbagai gawai sekitar 30-60 menit sebelum tidur. Melakukan teknik bernapas dalam atau meditasi juga bisa membantu relaksasi sekaligus mengelola rasa nyeri.

Yang perlu dilakukan jika masih nyeri

Berbagai trik dari Roffi ini bisa dicoba selama beberapa hari untuk meringankan keluhan nyeri punggung agar bisa tidur lebih baik. Bila beragam trik ini tak memberikan perubahan, Roffi menganjurkan penderita nyeri punggung untuk mencari pertolongan tenaga profesional, seperti fisioterapis, ahli osteopati, atau dokter.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA