Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Majelis Warga Yakin Partai Islam akan Ikuti Jejak Nasdem Capreskan Anies

Rabu 05 Oct 2022 23:58 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Majelis Warga turut mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024.

Majelis Warga turut mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024.

Foto: Dok Istimewa
Majelis Warga turut mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon Presiden dalam Pilpres 2024 telah dilakukan Partai Nasdem (3/10/2022). Majelis Warga sebagai organisasi yang mewakili warga pendukung Anies Baswedan di berbagai wilayah di Indonesia meyakini bahwa dua partai lain, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD), akan segera mengikuti jejak Nasdem.  

Keyakinan bahwa PKS dan PD sedang ’mencari hari baik’ untuk mencapreskan Anies diungkapkan juru bicara Majelis Warga yang juga aktivis pemuda asal Jawa Tengah,  Azmi Majid.  

Baca Juga

”Langkah Nasdem yang cepat dalam mendeklarasikan Pak Anies mendapatkan apresiasi yang sangat hangat dari kedua partai itu. Dugaan kami, PKS dan Demokrat akan segera mengikuti. Tanda-tandanya semakin jelas, bahkan hari ini, meskipun baru di level Provinsi, PKS DIY mendeklarasikan dukungan ke Pak Anies,” ujar Azmi Majid, Rabu (5/10/2022). 

Selain dari tiga partai yang disebut-sebut bakal berkoalisi itu, Majelis Warga menangkap fenomena arus bawah dari partai lain yang juga banyak mendukung Anies.

Dia memprediksi, PAN dan PPP kemungkinan bakal berpindah koalisi jika mempertimbangkan solidnya suara konstituten mereka di bawah dalam mendukung Anies. 

”Dalam laporan teman-teman pegiat Majelis Warga dari berbagai wilayah, akar rumput PAN dan PPP sebetulnya lebih condong ke Pak Anies. Jika mereka tak mendukung Pak Anies, tentu menyia-nyiakan peluang mendapatkan cottail effect (efek ekor jas),” jelas Azmi. 

Majelis Warga sendiri telah mendeklarasikan dukungannya kepada Anies untuk maju sebagai Capres 2024 pada sehari sebelum deklarasi resmi Nasdem (2/10/2022). 

Menurut Azmi, Anies merupakan sosok yang dinilai kredibel, memiliki visi keadilan sosial yang jelas dan mampu bekerja menyelesaikan persoalan secara konkret. 

”Beliau tak perlu pura-pura jadi tukang tambal ban atau bergaya makan di emperan. Tapi, kebijakan beliau di Jakarta sangat berpihak pada rakyat miskin. The best lah, seperti kata Pak Surya Paloh,” lanjut Azmi. 

Sementara itu, para pegiat Majelis Warga di Papua mengungkapkan suka citanya begitu Anies dideklarasikan secara resmi oleh Partai Nasdem. 

Baca juga: Mualaf Sujiman, Pembenci Adzan dan Muslim yang Diperlihatkan Alam Kematian  

Di Raja Ampat, misalnya, belasan pegiat Majelis Warga mengadakan acara makan siang bersama untuk merayakan pencapresan Gubernur DKI Jakarta tersebut (5/10/2022). 

Chali Imbir, pegiat Majelis Warga Papua, mengungkapkan, warga Papua menilai Anies sebagai figur yang memiliki ikatan dengan tanah Papua. Mantan rektor Universitas Paramadina tersebut, kata Chali, pernah mengirimkan guru-guru untuk mendidik anak-anak Papua di pedalaman melalui program Indonesia Mengajar. 

”Kami lebih dekat dengan profil beliau sebagai ilmuwan yang menjadi pemimpin gerakan kemanusiaan. Kami percaya beliau punya kemampuan mengatasi persoalan bangsa dan bisa menawarkan solusi yang beragam dalam dialog penyelesaian masalah papua,” ujar dia.    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA