Rabu 05 Oct 2022 19:21 WIB

Pemprov Kalsel Siapkan 3 Veneu untuk MTQN ke XXIX

Qori dan qoriah terus ditempa bakat dan pengetahuannya untuk bisa tampil maksimal

Pemprov Kalsel melakukan persiapan yang maksimal, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tahun 2022 di Kalsel akan berjalan lancar dan sukses.
Foto: a
Pemprov Kalsel melakukan persiapan yang maksimal, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tahun 2022 di Kalsel akan berjalan lancar dan sukses.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin meyakini dengan persiapan yang maksimal, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tahun 2022 di Kalsel akan berjalan lancar dan sukses.

Termasuk juga lanjut Gubernur adalah persiapan tempat lomba (venue) yang tersebar di 3 kabupaten/kota. Yakni, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Baca Juga

“Insya Allah, persiapan terus dimantapkan. Termasuk venue tempat lomba yang telah siap menjadi ajang MTQ di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin,” kata Paman Birin.

Di Kabupaten Banjar yang  berjuluk Serambi Makkah di Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar siap menghadirkan kentalnya suasana religi bagi para kafilah yang datang dari seluruh penjuru negeri.

Enam venue pun disiapkan untuk pelaksanaan lomba MTO) Nasional XXIX tanggal 13 sampai 17 Oktober 2022, yakni: Masjid Al Karomah (cabang tilawah dewasa dan qiraat sabbah mujjaawad), kemudian 

STAI Darussalam (cabang hifzil golongan 1 juz dan 5 juz). Selain itu Madrasah Darussalam (cabang khat golongan naskah dan hiasan mushaf, golongan dekorasi dan kontemporer),Masjid Nurul Iman (cabang tilawah golongan tartil dan canet) serta Masjid Bambu KH Abdul Gadir Hasan (cabang giraat murottal remaja dan dewasa).

photo
Kabupaten Banjar siap menghadirkan kentalnya suasana religi bagi para kafilah yang datang dari seluruh penjuru negeri. - (istimewa)

 

 

Kemudian untuk Kiram Park yang nantinya jadi tempat pembukaan dan penutupan MTQ akan jadi tempat lomba tilawah golongan anak anak dan remaja.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kalsel Roy Rizali Anwar melalui Sekretaris Umum LPTQ Kalsel H Ahmad Bugdadi mengatakan, Kafilah Kalsel berjumlah 53 orang akan melakukan karantina di Asrama Haji pada tanggal 5 hingga 19 Oktober 2022.

Menurutnya, kafilah Kalimantan Selatan siap memberikan yang terbaik bahkan merebut juara umum pada ajang MTQ Nasional XXIX Tahun 2022.

Menurutnya, para qori dan qoriah terus ditempa bakat dan pengetahuannya untuk bisa tampil maksimal dan berprestasi.

Kalsel kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ nasional setelah lebih 50 tahun, pertama menjadi tuan rumah pada tahun 1970. 

Sementara itu dalam rangka memeriahkan MTQ Nasional ke XXIX tahun 2022, Pemprov Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Lomba Mars MTQ SMA dan Deklamasi SMA di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (5/10/2022).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement