Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Pasar yang Unik, Alasan Citroen Kembali ke Indonesia

Rabu 05 Oct 2022 11:45 WIB

Rep: Eric Iskandasjah Z/ Red: Friska Yolandha

Citroën resmi kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Citroën resmi kembali meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Foto: Republika/Eric
Indonesia menjadi salah satu pasar mobil terbesar di Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan otomotif asal Prancis Automobiles Citron mengungkapkan keunikan dari pasar otomotif Indonesia. Ini menjadi alasan akhirnya mereka kembali setelah sempat hengkang beberapa waktu lalu.

"Indonesia memiliki kualitas di mana pasarnya terus bertumbuh seiring dengan populasi dan kebutuhan akan kepemilikan mobil pribadi. Inilah potensinya: populasi, pertumbuhan pasar, kebutuhan kendaraan pribadi, dan pembangunan signifikan dari kelas menengah," kata CEO Citroen Vincent Cobe dalam wawancara eksklusif di Jakarta, Selasa (4/10/2022), dikutip Rabu (5/10/2022).

Baca Juga

Lebih lanjut, Cobe mengatakan hal-hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu pasar mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara, bahkan bisa melebihi Thailand. Di sisi lain, pria asal Prancis tersebut juga mengatakan bahwa keunikan lain dari pasar Indonesia adalah karakter para pembelinya yang melihat mobil sebagai investasi untuk dirinya sendiri di masa mendatang.

"Karena Indonesia memandang mobilnya bisa menjadi investasi di masa mendatang, itu membuat pabrikan harus fokus, sukses dan kredibel dalam memberikan sebuah produk. Produk yang kita miliki harus miliki nilai, kualitas, ketahanan, dan pelayanan yang bagus," kata Cobe.

"Bagi saya, produk yang bagus itu bukan hanya sekadar bagus, namun juga terawat. Itu adalah hal yang menarik dan fundamental di pasar Indonesia," ujarnya menambahkan.

Saat disinggung mengenai segmentasi pasar, Cobe berpendapat bahwa Citroen menghadirkan mobil untuk semua kalangan, dan tidak ingin ada istilah eksklusivitas, mengingat pasar Indonesia melihat mobil Eropa sebagai salah satu komoditas barang mewah (luxurious).

"Kami tidak percaya soal eksklusivitas dan mobil luxury, kami percaya bahwa teknologi kami harus diberikan kepada audiens yang luas. Histori kami lekat dengan mobil unik dan teknologi yang aksesibel dengan penawaran dan keunggulannya seperti kenyamanan berkendara, desain, dan lainnya," ujar Cobe.

"Tidak ada istilah itu (eksklusif). Teknologi, bagi kami, dikembangkan agar bisa dinikmati oleh kalangan yang luas," imbuhnya.

Sementara itu, Automobiles Citroen resmi kembali ke Indonesia dan siap memperkenalkan mobil-mobilnya mulai tahun 2023. Stellantis NV, perusahaan induk dari Citroen, telah menunjuk Indomobil Group untuk menjalankan bisnis Citroen di Indonesia.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA