Rabu 05 Oct 2022 11:00 WIB

Raih Penghargaan, RU VI Balongan Ciptakan Produk Diversifikasi Go Foam

Produk Go Foam mengurangi dan menghambat pembentukan foam dalam proses industri.

PT KPI RU VI Balongan berhasil membuat produk inovasi diversifikasi gas oil for anti-foam (Go Foam). Keberhasilan membuat produk diversifikasi itu berbuah penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral dari Kementerian ESDM Republik Indonesia.
Foto: Istimewa
PT KPI RU VI Balongan berhasil membuat produk inovasi diversifikasi gas oil for anti-foam (Go Foam). Keberhasilan membuat produk diversifikasi itu berbuah penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral dari Kementerian ESDM Republik Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral dari Kementerian ESDM Republik Indonesia. Penghargaan ini berkat inovasi diversifikasi produk Gas Oil For Anti Foam (Go Foam) yang dihasilkan oleh Tim Project Collaboration Improvement (PC Prove Go Foam) RU VI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif kepada  Section Head Refinery Planning RU VI Astri Agustiana Sari yang hadir mewakili Pertamina RU VI sekaligus sebagai fasilitator PC Prove Go Foam, Selasa (4/10/2022) di Kantor Kementerian ESDM.

Penghargaan Dharma Karya Muda ini merupakan yang pertama diraih oleh Pertamina RU VI Balongan. Penghargaan ini sendiri diberikan kepada entitas bisnis baik BUMN maupun swasta yang mampu menciptakan inovasi di bidang energi dan sumber daya mineral, dan inovasi tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap pihak lain.

Melalui inovasi diversifikasi produk Go Foam yang dihasilkan dari unit CDU ini, mampu meningkatkan company positioning di pasar special chemical, dan tentunya turut meningkatkan margin perusahaan.

Produk bernama Go Foam tersebut memiliki kegunaan untuk mengurangi dan menghambat pembentukan foam dalam proses industri.

Dirut PT KPI Taufik Adityawarman mengapresiasi, para perwira Kilang Pertamina. Termasuk, perwira Pertamina RU VI Balongan yang berhasil membuat inovasi produk Go Foam tersebut.

Taufik mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh para perwira Kilang Pertamina Balongan merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan daya saing untuk mampu bertahan terhadap perubahan zaman.

"Budaya inovasi harus dijadikan habit oleh seluruh pekerja, sebab tanpa inovasi bisa membuat kita kalah saing dan mati" tegas Taufik

Oleh karena itu, sambung Taufik, pimpinan perusahaan harus memberikan perhatian terhadap kegiatan Continuos Improvement Program (CIP) merupakan ajang sharing knowledge dan inovasi pekerja Pertamina.

Taufik juga mengatakan, produk yang dihasilkan Kilang Pertamina termasuk yang di Balongan. Baik itu berupa BBM maupun produk-produk chemical yang telah ada maupun produk baru hasil inovasi harus dipastikan telah melalui uji laboratorium. Sehingga, produk yang dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Kami bersyukur atas inovasi ini apalagi sampai meraih penghargaan dari Kementerian ESDM, tentunya diharapkan memberikan motivasi dan memberikan manfaat untuk banyak pihak, dan tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk Kementerian ESDM," ungkap Taufik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement