Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

MIND ID Gelar Kompetisi Karya Jurnalistik 2022, Ini Tema yang Dilombakan

Selasa 04 Oct 2022 22:59 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Tambang (ilustrasi)

Tambang (ilustrasi)

Foto: Wikipedia
Filosofi tema tersebut berasal dari refleksi keberadaan MIND ID.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) menggelar kompetisi karya jurnalistik bernama MediaMIND 2022 dengan tema “Hasil Tambang untuk Kehidupan”. Dilansir dari Antara, Selasa (4/10/2022), Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan MIND ID Niko Chandra mengatakan filosofi tema tersebut berasal dari refleksi keberadaan MIND ID bersama anggotanya, yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk, yang mengelola komoditas tambang bermanfaat bagi kehidupan.

“Produk tambang memang bermanfaat bagi kehidupan manusia, tema tersebut akan dibagi lagi ke dalam lima sub-tema yang bisa dipilih oleh jurnalis. Kelima sub-tema merupakan cara MIND ID mewujudkan mandat pemerintah terkait pengelolaan sumber daya alam strategis Indonesia,” kata Niko.

Baca Juga

Ke lima sub-tema kompetisi jurnalistik tersebut yakni meningkatkan pertumbuhan eksplorasi dan produksi, digitalisasi industri pertambangan, membangun aset hilirisasi berskala global, aliansi strategis ekspansi bisnis hilirisasi, serta optimasi portofolio dan keberlanjutan.

Adapun terdapat empat kategori dalam kompetisi MediaMIND 2022, yaitu Kategori news feature untuk media cetak dan media online, Kategori hard news untuk media cetak dan media online, Kategori Foto, serta Kategori Televisi.

Semua karya jurnalistik tersebut merupakan artikel yang sudah tayang di media jurnalis terkait selama periode 16 Oktober 2021 sampai 16 Oktober 2022.

Niko menyatakan tema “Hasil Tambang untuk Kehidupan” secara umum menggambarkan kiprah Grup MIND ID khususnya pada aspek eksplorasi, operasi dan produksi, manajemen, sumber daya manusia, keuangan, serta pengembangan usaha.

“Ini kita terapkan melalui kebijakan manajemen strategis dan aktif di setiap proses bisnis Anggota MIND ID” ujarnya.

Grup MIND ID terus mendorong daya saing usaha di setiap komoditas fernonikel, bijih nikel, emas, bauksit, batubara, aluminium, tembaga, hingga timah. Di sepanjang tahun 2021 mayoritas komoditas yang di kelola memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Selain fokus kepada kinerja operasional, Grup MIND ID juga berkomitmen terhadap kinerja lingkungan. Tahun 2021 Grup MIND ID mencatat realisasi kewajiban reklamasi seluas 931,25 hektar, sedangkan sampai dengan tahun 2021 tercatat total area reklamasi seluas 5.814 hektar.

Ia melanjutkan, bagi karya terbaik, tersedia total hadiah sebesar Rp200 juta untuk pemenang pertama sampai ketiga di empat kategori tersebut. Untuk informasi MediaMIND 2022, jurnalis bisa menghubungi narahubung melalui Whatsapp di 087763301907 (Vania) dan 081396428707 (Tasya) pada jam kerja dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA