Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Kapolda Metro Jadikan Tragedi Kanjuruhan Bahan Evaluasi Pengamanan

Selasa 04 Oct 2022 13:01 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kepala Polda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran.

Kepala Polda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran.

Foto: Dok Humas Polri
Peristiwa di Stadion Kanjuruhan menjadikan Polri jadi fokus sorotan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyatakan, tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam WIB, akan menjadi bahan evaluasi standar pengamanan perhelatan The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) yang akan diselenggarakan 6-7 Oktober 2022.

"Berkaca pada peristiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur memberikan kita turning point (titik balik) untuk melakukan evaluasi terhadap standar sistem pengamanan kita," kata Kepala Polda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran di Markas Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022).

Fadil mengatakan, peristiwa di Stadion Kanjuruhan kembali menjadikan institusi Polri sebagai fokus pandangan masyarakat. Sehingga, untuk mencegah peristiwa serupa, petugas pengamanan yang dilibatkan dalam pengamanan P20 diinstruksikan mengedepankan persiapan dan langkah pencegahan.

"Dalam berbagai kesempatan selalu saya sampaikan filosofi taylor made (membuat baju), yaitu bagaimana kita menjahit baju, bahwa setiap orang memiliki ukuran yang berbeda, oleh sebab itu setiap langkah pengamanan menyesuaikan dengan ukuran, karakteristik dari penggunanya, dari situasi," ujar Fadil.

Dia mengingatkan kepada seluruh personel pengamanan P20 untuk tidak bertindak di luar prosedur agar pengamanan bisa terlaksana secara maksimal. "Kepada para anggota yang bertugas di lapangan, saya berharap tidak ada lagi tindakan-tindakan di luar dari apa yang menjadi kesepakatan, menjadi komitmen, menjadi arahan, sesuai dengan tactical floor game dan tactical wall game yang akan kita laksanakan," tuturnya.

The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) akan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada 6-7 Oktober 2022. P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA