Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Polda Metro Siap Amankan Objek Vital Jelang Perhelatan P20

Selasa 04 Oct 2022 11:47 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran.

Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Aparat mewaspadai potensi gangguan keamanan, seperti unjuk rasa dan upaya sabotase.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan berbagai objek vital di Jakarta dan sekitarnya menjelang perhelatan The 8th G20 Parliamentary Speaker Summit (P20) yang diselenggarakan di Jakarta. P20 digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada 6-7 Oktober 2022.

"Siapkan segala rencana pengamanan objek vital, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta, hotel penginapan delegasi, Gedung DPR/MPR RI, dan melakukan rekayasa lalu lintas, pengamanan jalur yang akan dilintasi oleh rombongan delegasi," kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran di Jakarta, Selasa.

Fadil menginstruksikan kepada pasukan pengamanan gabungan TNI-Polri dan pemerintah daerah yang dilibatkan dalam pengamanan P20 untuk mewaspadai terhadap potensi gangguan keamanan. Di antaranya, unjuk rasa, upaya sabotase, intervensi, dan sebagainya.

Selain itum kepolisian juga akan berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk menghindari aktivitas yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan di objek vital pelaksanaan P20. "Segala potensi gangguan dan ancaman yang akan timbul pada event ini akan menjadi perhatian utama kita sebagai pengamanan dan pengawalan jalannya kegiatan P20 Parlimentary Speakers Summit," ujar Fadil.

Dia juga membahas mengenai tema presidensi G20 Indonesia yang mengusung pesan 'Recover Together, Recover Stronger' dan salah satu aspek yang mendukung pemulihan adalah keamanan. Oleh karena itu, Polda Metro Jaya bersama instansi terkait berkomitmen mendukung proses pemulihan Indonesia dengan mengawal situasi yang aman dan kondusif.

"Salah satu komponen untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional adalah dengan memberikan rasa aman dan mengayomi masyarakat, teruntuk itu Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya terus berkomitmen untuk berkontribusi mewujudkan rasa aman dan kondusif di ibu kota Jakarta," tutur Fadil.

P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA