Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Soal Deklarasi Anies Jadi Capres, Relawan: Pendukung Siap Support Penuh

Selasa 04 Oct 2022 08:46 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) bersama calon presiden yang diusung Nasdem pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Anies Baswedan (kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) bersama calon presiden yang diusung Nasdem pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 Anies Baswedan (kiri) saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024.

Foto: ANTARA/Reno Esnir
Relawan Anies di SKI siap mendukung pemenangan Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Peta politik 2024 dinilai semakin terang dengan dideklarasikannya nama Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden oleh warga dan parpol selama dua hari terakhir.  

Nama Anies dideklarasikan sebagai calon presiden rakyat oleh Majelis Warga pada Ahad malam (2/10/2022), dan keesokan harinya (3/10/2022) diresmikan sebagai calon presiden dari Partai Nasdem. 

Baca Juga

Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI), organisasi masyarakat pendukung Anies Baswedan, menyatakan mendukung penuh deklarasi yang dilakukan oleh kedua entitas bangsa itu.  

SKI percaya bahwa peresmian Anies sebagai kandidat Presiden juga akan segera diikuti dua partai politik yang selama ini menjalin komunikasi yang intens dengan Nasdem, yaitu Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.  

“Pendeklarasian Anies sebagai capres oleh masyarakat dan parpol merupakan kabar baik yang harus disampaikan kepada masyarakat luas. Sudah seharusnya semua pihak menyatukan langkah dalam sebuah formasi kolaborasi guna memperbaiki kehidupan masyarakat sesuai tujuan luhur bernegara,” ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati, Selasa (3/10/2022) dalam keterangan tertulisnya. 

Menurut Jati, Anies selama ini dikenal sebagai simbol perubahan. Upaya Majelis Warga maupun Nasdem untuk mendaulat Anies sebagai capres dinilai sebagai langkah jitu untuk mendorong perubahan. Terkhusus bagi Nasdem, keputusan untuk mencalonkan Anies dianggap sebangun dengan garis politik partai yang mendasarkan diri pada ideologi kebangsaan. 

”Nasdem melakukan terobosan politik di luar dugaan publik sebagai parpol yang memiliki hak konstitusional untuk mengusulkan pencalonan kandidat Presiden ke KPU, Nasdem membaca dengan cermat suara hati rakyat. Begitulah praktik demokrasi Indonesia yang sesungguhnya, jujur pada suara rakyat dan merespon kehendak rakyat,” lanjut Jati.

Baca juga: Mualaf Sujiman, Pembenci Adzan dan Muslim yang Diperlihatkan Alam Kematian 

Langkah cepat Nasdem dalam mengusung pencapresan Anies menimbulkan spekulasi tentang retaknya hubungan partai tersebut dengan Presiden Joko Widodo dan parpol anggota koalisi pemerintah.

Tetapi, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menjamin bahwa dia masih menjalin komunikasi yang hangat dengan Presiden. Politisi senior itu juga menyatakan bahwa langkah yang diambilnya merupakan langkah kebangsaan dan lumrah dalam kehidupan demokrasi. 

“Langkah yang diambil Nasdem mendorong politik kita menjadi lebih dewasa atau matang. Jika partai-partai menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan partai, praktek demokrasi kita akan berorientasi pada peningkatan kualitas perikehidupan rakyat,” jelas Sekjen SKI.  

Di samping itu, Jati mengungkapkan bahwa pendeklarasian nama Anies sebagai calon Presiden semakin memperjelas peta politik 2024. Dengan semakin jelasnya pihak-pihak yang bakal ’berkompetisi’ dalam Pilpres 2024, SKI menyerukan agar semua kubu dapat bersikap fair dan menghindari politik main kayu. Apalagi, dengan menggunakan instrumen hukum untuk memukul lawan politik.  

“Segala yang berpotensi akan menciderai demokrasi harus dibuang jauh-jauh dari bumi pertiwi,” ujar dia.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA