Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

5 Cara Allah SWT Mengabulkan Doa Hamba-Hamba-Nya 

Selasa 04 Oct 2022 08:15 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Berdoa. Ilustrasi. Allah SWT mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan cara terindah

Berdoa. Ilustrasi. Allah SWT mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan cara terindah

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Allah SWT mengabulkan doa hamba-hamba-Nya dengan cara terindah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Doa menjadi sarana bagi seorang Muslim untuk memohon pertolongan atau menyampaikan hajatnya kepada Allah SWT. Dalam ajaran Islam aktivitas berdoa bernilai ibadah.

Selain dari itu, berdoa menjadi tanda seseorang hamba tunduk, patuh dan bergantung kepada Allah SWT. 

Baca Juga

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu."

Dalam surat Al Mu'min ayat ke-60 tersebut dapat ditemukan perintah Allah SWT kepada hamba-Nya untuk berdoa. Pada ayat itu dapat dipahami bahwa Allah SWT menjamin orang yang mau berdoa kepada-Nya, maka Allah SWT akan memperkenankan atau mengabulkan hajat yang diminta hamba tersebut. Pada sisi yang lain Rasulullah SAW bersabda bahwa doa adalah senjatanya orang-orang yang beriman.  

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Tazakka, KH Anang Rikza Masyhadi, menjelaskan bahwa Allah SWT memiliki lima cara dalam mengabulkan doa hamba-Nya. 

Pertama, Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya sesuai dengan hajat yang diminta dan dengan waktu yang segera. 

Kiai Anang mencontohkan seorang hamba memohon kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan, Allah SWT mengabulkannya sehingga orang tersebut pun mendapatkan kesehatan saat itu juga sebagaimana yang dimintanya.  

Baca juga: Mualaf Sujiman, Pembenci Adzan dan Muslim yang Diperlihatkan Alam Kematian

Kedua, Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya sesuai hajat yang diminta namun Allah SWT mengabulkannya dalam waktu yang lama atau untuk jangka panjang. 

Misalnya seorang hamba berdoa agar mendapatkan akhir hayat yang baik atau husnul khitimah. Atau seorang hamba yang berdoa agar cita-cita tercapai. Maka Allah mengabulkan doa hamba-Nya tetapi untuk waktu yang panjang atau tidak seketika dikabulkan. 

Namun demikian, menurut Kiai Anang, ada kalanya Allah SWT mengabulkan doa seorang hamba dengan cara ketiga, yaitu Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya dengan mengganti apa yang dimintanya dengan yang lebih baik bagi hamba tersebut menurut Allah SWT. 

 

sumber : Harian Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA