Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Zelenskyy: Ukraina Berhasil Rebut Kembali Arkhanhelske dan Myrolyubivka

Selasa 04 Oct 2022 07:15 WIB

Red: Esthi Maharani

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina berhasil membebaskan pemukiman Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson dari pendudukan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina berhasil membebaskan pemukiman Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson dari pendudukan Rusia.

Foto: AP Photo/Olexandr Chornyi
Pasukan Ukraina berhasil membebaskan pemukiman Arkhanhelske dan Myrolyubivka

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina berhasil membebaskan pemukiman Arkhanhelske dan Myrolyubivka di wilayah Kherson dari pendudukan Rusia. Ini merupakan keberhasilan terbaru serangan balik Ukraina.

Zelenskyy menyinggung dua pemukiman itu saat berterima kasih pada pasukan Ukraina dalam pidato rutinnya, Senin (3/10/2022). Ia berterimakasih pada unit-unit pasukan Ukraina.

Laporan di medan perang belum dapat diverifikasi secara mandiri. Pada Ahad (2/10/2022) kemarin pasukan Ukraina juga mengatakan mereka telah merebut kembali benteng utama di Lyman di timur Ukraina yang diduduki Rusia.

Keberhasilan ini dicapai beberapa hari setelah Putin memproklamasikan aneksasi empat wilayah Ukraina termasuk Donetsk yang mencakup Lyman. Kiev dan Barat mengecam upacara aneksasi itu.

Pasukan Ukraina mengumumkan keberhasilan mereka melalui video yang direkam di depan kantor dewan Kota Lyman dan mengunggahnya di media sosial. "Rakyat Ukraina, hari ini pasukan bersenjata Ukraina membebaskan dan mengambil kendali pemukiman Lyman, wilayah Donetsk," kata seorang tentara di video itu.

Di akhir video terlihat sekelompok tentara bersorak dan membuang bendera Rusia dari atap gedung dan mengibarkan bendera Ukraina. Beberapa jam sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan menarik pasukannya di daerah itu "berhubungan dengan ancaman dari pengepungan."

Pasukan Rusia menduduki Lyman pada bulan Mei lalu dan menggunakannya sebagai pusat logistik dan transportasi dalam operasinya di utara Donetsk. Kota itu menjadi wilayah terbesar yang direbut kembali Ukraina sejak serangan balik ke wilayah Kharkiv bulan lalu.

Dalam pidato malamnya Zelenskyy berjanji untuk kemenangan cepat di Donbas yang mencakup Donetsk dan Luhansk. Dua daerah yang dikuasai Rusia.

"Selama satu pekan terakhir, jumlah bendera Ukraina di Donbass meningkat, bahkan akan lebih banyak lagi dalam satu pekan," katanya dalam pidato yang disiarkan melalui video.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA