Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Bisnis Keagenan Solusi Meningkatan Penghasilan di Tengah Kenaikan Harga BBM

Selasa 04 Oct 2022 08:13 WIB

Red: Gita Amanda

Kominfo menyebutkan pertumbuhan e-commerce yang signifikan berpengaruh terhadap perusahaan logistik yang turut memberikan kontribusi dalam proses pengiriman.

Kominfo menyebutkan pertumbuhan e-commerce yang signifikan berpengaruh terhadap perusahaan logistik yang turut memberikan kontribusi dalam proses pengiriman.

Foto: SAI Transport
Pertumbuhan e-commerce yang signifikan berpengaruh terhadap perusahaan logistik

REPUBLIKA.CO.ID, Perbincangan publik saat ini banyak dipenuhi informasi seputar kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang membuat daya beli masyarakat menjadi semakin rendah, sementara biaya operasional perusahaan menjadi lebih tinggi.

Untuk mengatasinya, perusahaan-perusahaan besar maupun para pelaku UMKM banyak melakukan PHK terhadap pegawai-pegawainya untuk menyelamatkan nafas perusahaan yang mulai meredup di tengah himpitan ekonomi yang bergejolak.

Berdasarkan data yang dikutip dari Lembaga ECO Macro Blast, kenaikan harga BBM menjadi pemicu tertinggi laju inflasi. Masalah ini tentu menjadi ancaman besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Melihat kondisi ini, banyak orang yang akhirnya memutar otak, apa yang harus dilakukan agar tetap dapat memiliki keuangan yang stabil? Tak sedikit orang yang berniat membuka usaha, namun ragu karena tidak memiliki cukup modal dan tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis.

Terlebih lagi, kenaikan harga BBM ini membawa pengaruh yang signifikan bagi sektor perdagangan, sehingga masyarakat harus pintar-pintar dalam memilih usaha yang tepat agar tidak berhenti di tengah jalan.

Peluang usaha di tengah kenaikan harga BBM

Dalam mencari solusi meningkatkan penghasilan di tengah kenaikan harga BBM, Kominfo menyebutkan pertumbuhan e-commerce yang signifikan berpengaruh terhadap perusahaan logistik yang turut memberikan kontribusi dalam proses pengiriman. Menjamurnya bisnis e-commerce di Indonesia, ditangkap sebagai peluang besar oleh jasa pengiriman untuk tetap hidup di tengah krisis ekonomi yang bisa melanda dunia.

Kemudahan transaksi jual beli online membuka kesempatan bagi semua pegiat usaha mulai dari perusahaan besar, UKM maupun bisnis perorangan.

Jasa kurir atau ekspedisi pengiriman merupakan faktor pendukung keberlangsungan bisnis online. Dengan adanya jasa pengiriman barang, penjual akan lebih mudah untuk mengirimkan barang ke tangan pembeli.

Sebaliknya, tanpa adanya jasa pengiriman, tentu saja para penjual maupun pembeli akan merasa kesulitan dalam melakukan transaksi jual beli online. Untuk membantu dan mempermudah masyarakat dalam memiliki bisnis tersebut, saat ini banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang membuka peluang usaha franchise, salah satunya adalah Usahakurir.co.id.

Usahakurir.co.id merupakan aggregator logistik pertama dan satu-satunya yang menyediakan layanan pengiriman domestik dan internasional. Perusahaan yang sudah berdiri lebih dari sepuluh tahun ini berada di bawah naungan PT SAI Trans Indonesia. Usahakurir.co.id telah mengantongi surat izin resmi serta tergabung dalam ASPERINDO, sehingga legalitas izin usahanya sudah jelas dan terakreditas.

Melalui layanan one stop service, Usahakurir.co.id memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menentukan dan melakukan perbandingan dari berbagai pilihan jasa ekspedisi, baik dari segi layanan, estimasi pengiriman, ataupun biaya ongkos kirim, hanya dalam satu aplikasi.

Untuk pengiriman dalam negeri, Usahakurir.co.id telah bekerja sama dengan JNE, SiCepat, Lion Parcel, SAP Express Courier, dan Anteraja. Sementara untuk pengiriman luar negeri, Usahakurir.co.id bekerjasama dengan Janio, City-link Express, Aramex, SkyNet Worldwide Express, dan lain-lain.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Usahakurir.co.id turut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki bisnis jasa pengiriman namun tidak memiliki cukup modal, serta menginginkan bisnis dengan risiko yang minim. “Biaya yang diperlukan untuk bergabung menjadi agen mitra di Usahakurir.co.id sangat terjangkau, benar-benar membantu pemula seperti saya yang ingin membuka usaha tetapi belum berpengalaman dan memiliki keterbatasan modal. Apalagi kalau dibandingkan dengan besarnya modal untuk membuka satu outlet ekspedisi yang bisa sampai puluhan juta rupiah, jauh sekali bedanya,” ujar Jay selaku agen kemitraan Usahakurir.co.id.

Melalui wawancara tersebut, Jay juga menambahkan bahwa dengan mengeluarkan budget yang begitu minim, ia telah difasilitasi spanduk yang dapat menjadi penunjang agar usahanya diketahui oleh orang sekitar.

Tak hanya itu, ia juga dibimbing oleh tim yang ahli di bidangnya, sampai berhasil mencapai keuntungan yang maksimal. Sehingga bagi masyarakat yang bergabung menjadi agen di Usahakurir.co.id tak perlu khawatir akan merasa kebingungan saat memulai usahanya. Beragam keunggulan yang dimiliki membuat usaha logistik bisa dijadikan pilihan bisnis yang tepat untuk dijalankan di tengah kenaikan harga BBM.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA