Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

BEC Universitas BSI Beberkan Unsur Penting 6M dalam Berwirausaha

Senin 03 Oct 2022 17:14 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menjelaskan, hal yang mempengaruhi target konsumen ialah produk yang dijual dengan melihat bagaimana kualitas produk tersebut, harga, rasa dan lainnya yang bersangkutan dengan konsumen.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menjelaskan, hal yang mempengaruhi target konsumen ialah produk yang dijual dengan melihat bagaimana kualitas produk tersebut, harga, rasa dan lainnya yang bersangkutan dengan konsumen.

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Unsur 6M menjadi dasar bagi wirausaha dalam membangun sistem manajemen yang baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unsur 6M menjadi dasar bagi wirausaha dalam membangun sistem manajemen yang baik, terutama bagi para pemula. Jika dilakukan secara efektif dan efisien, maka akan dapat membawa keuntungan bagi pelaku usaha maupun konsumen.

Menurut Nurlaelatul Maulidah, koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tegal menjelaskan, hal yang mempengaruhi target konsumen ialah produk yang dijual dengan melihat bagaimana kualitas produk tersebut, harga, rasa dan lainnya yang bersangkutan dengan konsumen.

Baca Juga

“Terlebih lagi sebagai pelaku wirausaha harus melakukan riset pasar dahulu untuk memahami kelompok konsumen serta lokasi dengan apa yang mereka cari dan butuhkan. Agar kamu dapat menguasai pasar, maka pasar dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen serta daya beli,” tutur Nurlaelatul, Jumat (30/9/2022).

Lanjutnya, karena hal ini sangat penting dalam menjual produk yang sesuai dengan ekspektasi konsumen, dengan merencanakan strategi pemasaran yang tepat, unggul dalam kompetitor. Maka akhirnya dapat dikenal oleh lebih banyak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang diproduksi.

Keenam aspek ini merupakan unsur penting dalam manajemen wirausaha. Berikut ini merupakan penjelasan 6M menurut Jurnal Administrate.

1. Man (Manusia)

Sebelum berwirausaha perlu mempersiapkan Man atau manusia atau dalam sebutan usaha yaitu sumber daya manusia (SDM) karena kehadiran sumber daya manusia ini menjadi sangat penting dalam kemajuan atau perkembangan sebuah usaha yang dijalankan. Manusia merupakan faktor paling menentukan dalam manajemen wirausaha. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa manusia.

2. Money (Uang/Modal)

Selain Sumber Daya Manusia (Man) yang perlu diperhatikan juga ialah money (keuangan) atau manajemen keuangan dalam sebuah wirausaha. Uang merupakan penunjang penting dalam sebuah bisnis. Uang merupakan alat tukar, ukuran nilai, dan seringnya dijadikan acuan dalam menentukan target usaha. Karena anggaran keuangan yang tidak mencukupi maka proses manajemen usaha pun tidak dapat berjalan secara masksimal.

3. Material (Bahan)

Dalam membuat sebuah produk tentunya membutuhkan bahan baku (Material) yang bagus serta membutuhkan perhatian yang khusus dalam memilih bahan. Bahan baku yang berkualitas juga akan menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan memiliki produk yang kualitasnya tinggi maka memiliki daya jual yang tinggi juga yang dapat membuat usaha mu menjadi untung.

4. Machine (Mesin)

Machine atau mesin dalam wirausaha sangat dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan usaha sehari-hari. Dengan adanya bantuan mesin pekerjaan yang sulit akan terasa lebih mudah dan ringan. Mesin memiliki beberapa manfaat yaitu dapat menghemat waktu produksi atau pengerjaan, memudahkan dalam operasional, efisiensi kerja serta dapat menyesuaikan standar produksi yang diantaranya dapat menghasilkan produksi lebih detail dan rapi.

5. Method (Metode)

Methods atau metode adalah salah satu prinsip 6M yang merupakan standar prosedur yang ada dalam manajemen wirausaha. Metode merupakan prosedur kerja yang akan membuat pekerjaan berjalan dengan lancar. Penentuan metode dilakukan berdasarkan kebutuhan bisnis.

6. Market (Pasar)

Market atau pasar juga merupakan salah satu dari prinsip 6M dalam wirausaha yang harus diperhatikan. Yang dimaksud market ialah target pasar atau target konsumen itu sendiri dari bisnis yang anda jalankan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA