Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Kanada Peringati Bulan Sejarah Islam, Berbagi Makanan dengan Cinta

Senin 03 Oct 2022 13:18 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Kanada Peringati Bulan Sejarah Islam, Berbagi Makanan dengan Cinta

Kanada Peringati Bulan Sejarah Islam, Berbagi Makanan dengan Cinta

Foto: About Islam
Muslim Kanada berkontribusi besar terhadap keberhasilan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Setiap Oktober, Muslim Kanada merayakan Bulan Sejarah Islam. Fokus tahun ini adalah berbagi kontribusi kuliner Muslim untuk kesehatan, kesejahteraan, perdamaian sosial, dan keharmonisan masyarakat.

“Pada peringatan 15 tahun proklamasi Oktober sebagai Bulan Sejarah Islam Kanada, kami meluangkan waktu untuk menghormati dan merayakan komunitas Muslim yang besar dan beragam di negara kami,” kata Menteri Perumahan dan Keragaman dan Inklusi Kanada, Ahmed Hussen dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Hussen mengatakan Muslim Kanada telah berkontribusi besar terhadap keberhasilan masyarakat secara keseluruhan. “Mulai dari sains hingga bisnis, akademisi hingga seni dan segala sesuatu di antaranya, Muslim Kanada telah membantu membentuk Kanada modern yang kita kenal sekarang. Komunitas ini memiliki beragam tradisi yang kaya dan berbagi sejarah yang mendalam dari mana kita semua dapat belajar,” ujarnya.

Merayakan Bulan Sejarah Islam di Kanada (IHMC) setiap tahun bertujuan untuk berbagi dengan sesama warga Kanada warisan dan kontribusi Muslim yang kaya kepada masyarakat. Kembali pada 2007, perwakilan DPR untuk Ottawa-Vanier, Mauril Belanger, memproklamirkan IHMC. Kota Kingston, Burnaby, dan provinsi Manitoba juga mengumumkan acara tersebut.

Kemudian, IHMC menjadi badan independen dengan Ketua baru pada tahun 2013. Anggota Dewan saat ini berasal dari Saskatoon, Regina, London, Ottawa, dan Winnipeg.

Berkumpul bersama

Dilansir About Islam, Senin(3/10/2022), acara tahun ini mengangkat tema “Multicultural Flavours of Muslim Cuisine.” Tujuannya berbagi kontribusi kuliner Muslim untuk kesehatan, kesejahteraan, perdamaian sosial dan keharmonisan masyarakat.

“Setelah lebih dari dua tahun kegiatan IHMC online, tahun ini mari kita berhubungan kembali dengan perayaan berbagi makanan, kegiatan yang menyenangkan, pendidikan dan menampilkan warisan yang kaya dari Masakan Muslim dari banyak budaya Muslim dan menikmati keramahan mereka,” kata situs web IHMC.

Sementara itu, Menteri Hussen berjanji untuk berdiri bersama umat Islam melawan meningkatnya Islamofobia dan kejahatan kebencian. Dia mendesak warga Kanada untuk bergabung dengan acara-acara lokal untuk lebih mengenal komunitas Muslim.

“Pada Oktober, saya mendorong semua warga Kanada untuk bergabung dalam acara lokal yang menyoroti sejarah komunitas Muslim Kanada. Bersama-sama, mari kita terus berjuang untuk membangun negara yang lebih ramah dan inklusif di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk sukses,” tambahnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA