Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Survei Indikator:  Ganjar, Prabowo, dan Anies Konsisten Tiga Teratas Capres

Senin 03 Oct 2022 07:22 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Temuan survei nasional Indikator Politik terkait preferensi calon presiden 2024 menempatkan tiga nama, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, konsisten berada di posisi atas.

Temuan survei nasional Indikator Politik terkait preferensi calon presiden 2024 menempatkan tiga nama, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, konsisten berada di posisi atas.

Foto: republika/mgrol100
Ganjar, Prabowo, dan Anies berada di tiga teratas dalam simulasi 19 nama dan 10 nama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Survei terkait preferensi calon presiden 2024 menempatkan tiga nama yang konsisten berada di posisi atas. Temuan survei nasional Indikator Politik menunjukkan tiga nama tersebut, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Ketiganya berada di tiga teratas dalam simulasi 19 nama terbuka maupun simulasi 10 nama. "Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan tampak konsisten sebagai tiga besar pilihan warga nasional," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam paparan hasil survei tentang Kinerja Pemerintah dalam Bidang Ekonomi, Hukum dan Prospek Elektoral Jelang 2024 secara daring, Ahad (2/10/2022).

Baca Juga

Burhanuddin menjelaskan, dalam simulasi 19 nama, ada beberapa nama yang mengalami tren penurunan, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Sementara, Ganjar Pranowo mengalami tren kenaikan dibandingkan Agustus lalu. Kenaikan tipis juga dialami oleh Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, dan Puan Maharani.

Dalam simulasi 19 daftar nama calon presiden semi terbuka, Ganjar dipilih oleh 29 persen, Prabowo 19,6 persen, dan Anies 17,4 persen. Lalu, Ridwan Kamil 8,7 persen, sedangkan nama-nama lain kurang dari 5 persen dan sekitar 8,1 persen belum menunjukkan pilihan.

Sedangkan untuk simulasi 10 nama, trennya masih menunjukkan tiga teratas yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies. Untuk beberapa nama mengalami peningkatan dan penurunan.

"Sama dengan survei di Agustus ada beberapa nama trennya sedikit meningkat dan turun, RK sempat 10,9 persen kemudian turun di September, AHY sedikit meningkat, Sandiaga juga sedikit meningkat," ujarnya.

Dia mengatakan, preferensi ini akan terus berdinamika tergantung perkembangan selanjutnya dari masing-masing tokoh.

Survei dilakukan pada rentang 13-20 September 2022 dengan metode tatap muka dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel adalah warga yang memiliki hak pilih berasal dari seluruh provinsi yang dipilih berdasarkan metode random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sekitar 2,9 persen. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA