Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Bima Sebut Infrastruktur di Kota Bogor Siap Dukung Olahraga Lari

Senin 03 Oct 2022 06:29 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Terbangunnya jalur pedestrian di Kota Bogor bisa untuk berjalan kaki secara nyaman.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan, infrastruktur di daerahnya sudah siap mendukung olahraga lari dan berjalan kaki sejak beberapa tahun ini. Hal itu setelah terbangunnya jalur pedestrian yang nyaman di pusat kota.

Bima mengatakan, dengan banyaknya masyarakat mengikuti kegiatan tersebut membuktikan warganya suka berjalan kaki dengan dukungan infrastruktur yang baik. Tak hanya itu, kata Bima, di jalur-jalur permukiman pun sudah banyak pedestrian yang dibangun untuk memberikan akses bagi para pejalan kaki.

"Dari sisi infrastruktur, Kota Bogor memiliki jalur pedestrian yang terintegrasi di pusat kota yang menghubungkan kawasan Bogor Utara dan Bogor Tengah," ujarnya saat memberi pernyataan kepada wartawan usai mengikuti kegiatan Hari Berjalan Sedunia atau World Walking Day 2022 di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (2/10/2022).

Tak hanya itu, kata Bima, di jalur permukiman pun sudah banyak trotoar yang dibangun untuk memberikan akses bagi para pejalan kaki. Termasuk sarana dan prasarana olahraga lain.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini sedang proses pembangunan stadion mini di tiga kecamatan. "Insya Allah tahun ini kita akan meresmikan tiga stadion baru, di Bogor Utara, Bogor Selatan, Bogor Barat," ujar politikus PAN tersebut.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tersebut menyampaikan, kegiatan itu dihelat serentak di 24 kota di Indonesia atas kerja sama Apeksi dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Kota yang ikut melaksanakan secara serentak di antaranya, Bogor, Malang, Balikpapan, Batam, Pekalongan, Semarang, Sungai Penuh, Padang, Banda Aceh, Cimahi, hingga Pasuruan.

Ketua KORMI, Haryono Isman mengapresiasi Bimayang bisa mengajak kota-kota di Indonesia untuk bergerak bersama secara serentak mengadakan kegiatan World Walking Day 2022. "Nah, Indonesia pertama kalinya mengadakan World Walking Day yang sekaligus tidak hanya di Kota Bogor, tapi berkat pak Bima Arya yang juga ketua APEKSI kemudian diikuti oleh 24 kota yang mengikuti," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA