Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Pemkot Pekalongan Tinggikan Tanggul untuk Cegah Banjir

Sabtu 01 Oct 2022 20:35 WIB

Red: Nur Aini

Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan tanggul ilustrasi

Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan tanggul ilustrasi

Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Banjir di Kali Bremi Pekalongan sebelumnya ditanggulangi dengan menumpuk karung tanah

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, meninggikan tanggul Kali Bremi untuk mencegah air meluap dan menyebabkan banjir di beberapa titik pemukiman penduduk.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Bambang Sugiharto mengatakan bahwa semula air yang meluap dari Kali Bremi ke pemukiman penduduk ditanggulangi dengan menumpuk karung berisi tanah.

Baca Juga

"Tetapi saat ini pekerjaan peninggian tanggul atau taludKali Bremi kini menggunakan menggunakan batu pahat agar mampu menahan limpasan air sungai itu," katanya di Pekalongan, Sabtu (1/10/2022).

Menurut dia, paket pekerjaan peningkatan talud ini senilai Rp380 juta ini dilakukan setelah tender tanda tangan kontrak pada 5 Juli 2022 dan diperkirakan selesai 1 November 2022.

"Memang kondisi letak tanggul yang lama terlalu rendah sehingga menyebabkan air sungai melimpas ke pemukiman di beberapa titik, apalagi saat sungai pasang atau hujan," katanya.

Ia yang didampingi Teknik Pengairan Muda DPUPR Kota Pekalongan Donny Agung Prihanto mengatakan saat ini masih dalam tahap pelaksanaan dan progres fisik kurang lebih 70 persen sehingga saat jatuh tempo nanti pekerjaan sudah selesai.

Pada 2022, kata dia, karena keterbatasan anggaran maka peninggian talud ini dilaksanakan mulai dari Jembatan Angkatan 66 sampai Jembatan Teuku Umar sisi kiri ditinggikan dengan anggaran Rp380 juta.

"Namun di samping tender yang ini, ada dua paket pengadaan langsung Kali Bremi yakni talud di Kelurahan Pasurkratonkramat dan Pringrejo," katanya.

Dia mengatakan, volume untuk pekerjaan peninggian talud Kali Bremi adalah sepanjang 211 meter sisi kanan dan 209 meter sisi kiri.

"Untuk anggaran perubahan akan diusulkan untuk Kali Bremi Pabean dan sisi barat. Selain itu pada anggaran perubahan akan mengusulkan juga untuk Sungai Meduri sisi Timur di Tirto," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA