Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Sony Dikabarkan Kantongi Hak Film Tarzan, Ada Perombakan Besar-besaran?

Sabtu 01 Oct 2022 16:17 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Sony dikabarkan telah mengantongi hak atas film Tarzan. Studio tersebut pun disebut akan melakukan perombakan besar. (ilustrasi)

Sony dikabarkan telah mengantongi hak atas film Tarzan. Studio tersebut pun disebut akan melakukan perombakan besar. (ilustrasi)

Foto: dok Warner Bros
Sony dikabarkan sedang menyusun hal-hal baru dari kisah Tarzan.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES – Sony Pictures dikabarkan telah memperoleh hak film untuk Tarzan dari pencipta asli, Edgar Rice Burroughs. Menurut The Hollywood Reporter, Sony sedang merombak dan menyusun hal-hal baru dari karakter dan IP Tarzan, meskipun sejauh ini belum ada penulis, sutradara, ataupun produser yang terikat pada proyek prospektif tersebut.

Tarzan adalah seorang anak manusia yang dibesarkan di hutan Afrika oleh suku kera yang dikenal sebagai Mangani setelah kematian orang tuanya di Inggris. Tarzan pertama kali muncul dalam cerita “Burroughs Tarzan of the Apes” yang diserialkan di majalah The All-Story mulai tahun 1912 sebelum diterbitkan sebagai novel pada 1914. Burroughs kemudian menulis lebih banyak novel Tarzan sebelum kematiannya pada 1950.

Karakter Tarzan sudah tidak asing lagi di dunia perfilman. Penampilan layar lebar pertamanya dirilis dalam bentuk film bisu berjudul Tarzan of the Apes pada 1918, yang didasarkan pada paruh pertama novel asli Burroughs dengan judul sama dan dibintangi Elmo Lincoln sebagai Tarzan. Lincoln mengulangi perannya dalam The Romance of Tarzan yang juga dirilis pada 1918 dan didasarkan pada paruh kedua novel Burroughs.

Gene Pollar kemudian membintangi film bisu tahun 1920 berjudul The Revenge of Tarzan, lalu James Pierce membintangi Tarzan and the Golden Lion tahun 1927, yang juga dibintangi oleh Boris Karloff yang saat itu tidak dikenal sebagai antagonis.

Tarzan memiliki film dialog pertamanya dalam Tarzan the Ape Man (1932), yang dibintangi Johnny Weissmuller sebagai peran utama. Weissmuller memainkan Tarzan dalam total 12 film, mengakhiri perannya sebagai Tarzan di film Tarzan and the Mermaids pada 1948. Tarzan kemudian dimainkan oleh sejumlah aktor seperti Lex Barker, Gordon Scott, Jock Mahoney dan Mike Henry dalam 16 film gabungan dari tahun 1949 hingga 1968. Sejak itu, hanya empat film fitur Tarzan live-action yang telah dirilis di bioskop, masing-masing dibintangi oleh aktor yang berbeda sebagai pemeran utama.

Dilansir CBR pada Sabtu (1/10/2022), film Tarzan the Ape Man diputar di bioskop pada 1981, dibintangi oleh Miles O'Keeffe sebagai Tarzan. Christopher Lambert mengambil alih peran untuk Greystoke: The Legend of Tarzan, Lord of the Apes yang dirilis pada 1984 sebagai edisi pertama dari tiga film Tarzan yang diproduksi Warner Bros Pictures. Casper Van Dien kemudian memerankan Tarzan dalam film Tarzan and the Lost Cityvtahun 1998.

Baru-baru ini, Warner Bros juga mengeluarkan The Legend of Tarzan pada 2016. Film ini dibintangi oleh Alexander Skarsgård sebagai Tarzan berlawanan dengan Margot Robbie sebagai kekasih lama karakter tersebut, Jane.

Namun dari semua itu, sebagian besar penonton masa kini, kemungkinan paling akrab dengan film animasi Disney berjudul Tarzan tahun 1999 yang dibintangi Tony Goldwyn sebagai pengisi suara Tarzan. Disney merilis dua sekuel direct-to-video yakni Tarzan & Jane dan Tarzan II masing-masing dirilis tahun 1999 dan 2005. Tentu saja, masih banyak adaptasi lain dari karakter klasik, termasuk serial film dan fitur animasi yang tidak dibuat oleh Disney, belum lagi sejumlah acara televisi dan radio.

Sementara itu, walaupun IP Tarzan masih sangat diperhitungkan, ceritanya tidak lepas dari kritik. Selama bertahun-tahun, novel Burroughs dan adaptasinya telah dikritisi karena pandangan, kiasan, dan stereotipnya yang sudah ketinggalan zaman. Ini bisa menjelaskan mengapa Sony sedang berusaha membangun kembali karakter tersebut agar sesuai dan diterima publik.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA