Sabtu 01 Oct 2022 14:27 WIB

Mahfud: Pancasila Kerap Diuji, Tapi Selalu Menang

Mahfud mendorong semua pihak lebih menghayani nilai-nilai Pancasila.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Menko Polhukam RI, Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM,Mahfud MD, mengajak semua pihak untuk meningkatkan penghayatan nilai-nilai Pancasila. Terutama, dalam pelaksanaan nilai itu dalam kehidupan berbangsa serta bernegara.

"Yang penting kita perhatikan adalah meningkatkan penghayatan atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya, seperti dikutip dari akun resmi media sosial di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Ia turut mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.

Mahfud enjelaskan kesaktian Pancasila adalah saat Pancasila selalu menjadi tempat kembali dan kesepakatan sebagai ideologi negara terhadap setiap ancaman bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Pancasila sering diuji dan ditentang, tapi selalu menang. Itu arti Pancasila sakti," kata anggota kabinet yang juga doktor di bidang hukum tata negara itu.

Selain itu, dia mengungkapkan, kesaktian Pancasila dapat dicatat dalam beberapa hal di antaranya melalui debat filosofi di Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) dan PPK pada tahun 1945, di mana kesepakatannya adalah Pancasila.

Selanjutnya, melalui perkawanan fisik oleh DI/TII, PKI, RMS dan organisasi lain yang tetap dimenangkan Pancasila. Kemudian, melalui prosedur konstitusional (Pemilu) dimana pilihannya tetap Pancasila. "Dalam kehidupan sehari-hari pun jika kita berselisih atau terjadi konflik politik, maka masing-masing mengajak penyelesaian sesuai dengan Pancasila," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement