Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Inggris tak akan Pernah Akui Referendum di Ukraina

Sabtu 01 Oct 2022 07:05 WIB

Red: Ani Nursalikah

Perdana Menteri Inggris Liz Truss berbicara saat dia bertemu dengan Presiden Joe Biden selama sesi ke-77 Majelis Umum PBB pada hari Rabu, 21 September 2022, di markas besar PBB. Inggris tak akan Pernah Akui Referendum di Ukraina

Perdana Menteri Inggris Liz Truss berbicara saat dia bertemu dengan Presiden Joe Biden selama sesi ke-77 Majelis Umum PBB pada hari Rabu, 21 September 2022, di markas besar PBB. Inggris tak akan Pernah Akui Referendum di Ukraina

Foto: AP/Evan Vucci
PM Inggris menekankan dukungannya terhadap Ukraina terkait referendum.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris mengatakan mereka tidak akan pernah mengakui referendum yang diadakan di empat wilayah Ukraina untuk bergabung dengan Rusia baru-baru ini.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengatakan dirinya telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk menekankan dukungan Inggris terhadap Ukraina terkait referendum palsu Rusia.

Baca Juga

Truss mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah sekali lagi bertindak melanggar hukum internasional dengan jelas mengabaikan kehidupan rakyat Ukraina.

"Inggris tidak akan pernah mengabaikan kehendak kedaulatan rakyat Ukraina dan kami tidak akan pernah menerima wilayah Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia sebagai apa pun, selain wilayah Ukraina. Putin tidak dapat diizinkan untuk mengubah perbatasan internasional menggunakan kekerasan. Kami akan memastikan dia kalah dalam perang ilegal ini" kata Truss, Jumat (30/9/2022).

Pada 23-27 September, wilayah separatis Ukraina di Donetsk dan Luhansk serta bagian Zaporizhzhia dan Kherson yang dikuasai Rusia mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia. Referendum telah dikutuk secara luas oleh komunitas internasional, di mana negara-negara Eropa dan AS mengatakan mereka tidak akan mengakui hasil referendum itu.

Rusia mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk pada 21 Februari, hanya beberapa hari sebelum dimulainya perang Ukraina.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/inggris-tak-akan-pernah-akui-referendum-palsu-di-ukraina/2699340
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA