Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Pesan Kurniawan Dwi Yulianto untuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia 2023

Jumat 30 Sep 2022 22:46 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Sejumlah pemain Timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022). Latihan tersebut dalam rangka persiapan untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sejumlah pemain Timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022). Latihan tersebut dalam rangka persiapan untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Foto: ANTARA/Moch Asim
Indonesia akan jadi tuan rumah, itu artinya harga diri dipertaruhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto berharap Piala Dunia U-20 2023 menjadi momen bagi skuad Garuda Nusantara untuk menunjukkan kualitas sepak bola Indonesia di mata dunia. Menurutnya, turnamen itu juga akan memberikan pengalaman berharga bagi talenta muda Indonesia. 

"Ini main di rumah kita. Kesempatan mereka mengeksplor yang mereka punya, yang nonton juga kan bukan hanya orang kita, jadi kesempatan mereka mempromosikan dirinya, kalau pemain Indonesia juga laik untuk bermain di liga yang levelnya di atas," kata mantan striker Timnas Indonesia tersebut di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga

Kurniawan menilai dalam beberapa tahun ke depan skuad Garuda akan berada di level yang lebih tinggi setelah mereka berhadapan dengan lawan-lawan yang lebih kuat. Ia juga melihat perkembangan positif dari tim asuhan Shin Tae-yong terutama setelah meraih dua kemenangan melawan Curacao pada FIFA Matchday beberapa waktu lalu.

Namun, dia mengingatkan kepada para pemain Timnas Indonesia agar terus menjaga motivasi mereka dalam bermain sepak bola. Pasalnya, yang kerap terjadi pada para penggawa Garuda adalah mengalami penurunan ketika masuk ke level senior. Sebab itu, dia berharap talenta-talenta muda itu tetap menjaga performa terbaik mereka.

"Yang dijaga tentu mental, kepercayaan diri, dan yang paling penting adalah bagaimana mereka bisa memanage diri sendiri untuk bisa menjadi pesepakbola. Sehingga mereka harus tahu apa yang harus dilakukan apa tidak, karena musuh pesepakbola itu bukan dari luar. Tapi dari diri sendiri," ujarnya.

Pelatih Shin Tae-yong telah menyiapkan skuad untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Mereka sudah melakoni beberapa kompetisi dalam beberapa bulan terakhir mulai dari Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 hingga terlibat di laga uji coba FIFA Matchday melawan Curacao. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA